Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Kamis, 19 September 2019

Alat Arah Kiblat Di Temukan Kemenag Tuban

Tuban, SNN.com - Kantor Kementerian Agama ( Kemenag ) Kabupaten Tuban menciptakan inovasi KISPAS ( Kiblat Sundul Pas ). Temuan baru yang di kembangkan tim Badan Rukyat Hilal ( BHR ) ini di gunakan untuk mempermudah proses pengukuran dan penentuan arah kiblat.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Dr Budi Wiyana, bersama Kepala Kantor Kemenag, Sahid, dan Ketua Baznas Tuban berkesempatan menyaksikan proses pengukuran dan penentuan arah kiblat di salah satu hotel di Tuban, Kamis ( 19/09/2019 ).

Kepada Wartawan, Sekda Budi Wiyana menyampaikan apresiasi atas inovasi yang di gagas Kemenag Tuban bersama tim BHR Kabupaten Tuban. Hadirnya alat ini akan sangat membantu dalam meminimalkan kesalahan penentuan arah kiblat.

" Tim BHR akan dapat memastikan dan menentukan arah kiblat sesuai dengan ketentuan yang berlaku," paparnya.

Budi Wiyana mengungkapkan,  Pemkab bekerja sama dengan Kemenag akan mengembangkan alat ini untuk dapat di optimalkan pemanfaatannya. Selain hotel dan penginapan, Bagian Kesejahteraan Rakyat ( Kesra ) Setda Tuban, juga akan meninjau tempat yang kerap di gunakan masyarakat untuk Sholat, seperti Masjid, Mushola, restoran, dan objek wisata.

Upaya ini selaras dengan visi Kabupaten Tuban mewujudkan masyarakat yang lebih religius. Sekaligus, sejalan dengan branding Kabupaten Tuban sebagai Bumi Wali.


Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Sahid menerangkan terciptanya alat KISPAS ini di latar belakangi kegiatan penentuan arah kiblat di hotel dan penginapan yang dilakukan tim BHR Kabupaten Tuban, dalam rangka menyukseskan MTQ Jatim ke - 28 di Kabupaten Tuban.

" Kita pastikan seluruh hotel dan penginapan akan di ukur arah kiblatnya sesuai dengan ketentuan," jelasnya.

Sahid menyatakan, alat KISPAS efektif, efisien, dan akurat. Di samping itu, alat ini telah melalui beberapa kajian dan pertimbangan tim BHR Kemenag Tuban. Sehingga akan mempermudah kerja pihak-pihak yang berkepentingan dalam pengukuran arah kiblat.

Kemenag Tuban juga telah memperkenalkan alat KISPAS ke Kemenag Jawa Timur dan Kemenag lainnya di luar Kabupaten Tuban.

Untuk ketahui, dalam rangka menyambut MTQ tingkat Jawa Timur ke - 28 di Kabupaten Tuban, Kemenag Tuban telah melakukan pengukuran dan penentuan arah kiblat di beberapa hotel dan Mushola di Kabupaten Tuban.

Tidak hanya itu, bersinergi dengan Baznas Kabupaten Tuban, juga akan di distribusikan 1.125 alquran untuk hotel dan penginapan di Kabupaten Tuban.

Reporter : Agus
Editor      : A W I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"