Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Kamis, 26 September 2019

Faspel Dobo Segera Dibangun Dengan Sejumlah Paket Pekerjaan

Kepulauan Aru, SNN.com - Menurut kepala Kantor Unit Pelayanan Pelabuhan (UPP) Kls. III Dobo, W. Parihala, S.Sos., pekan kemarin, diruang kerjanya mangatakan bahwa pelabuhan Dobo segera dibangun, karena pelabuhan Dobo adalah merupakan satu-satunya pelabuhan Pengumpul skop Nasional yang perlu ditata dengan baik, demi kepentingan pelayanan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Aru.

Dikatakan, pihaknya sudah mengusulkan untuk dilakukan reklamasi pada bagian barat dermaga Yos Sudarso Dobo sepanjang 120 meter untuk tempat penampungan kontener, sayangnya untuk sementara masih terkendala dengan anggaran. Dirinya perkirakan kalau tahun 2021 usulan reklamasi sudah bisa dilaksanakan.

“Kita ada punya usulan yang sebenarnya sudah keluar tahun depan, tetapi sementara terkendala dengan anggaran, sehingga tertunda. Dan mungkin tahun 2021, sudah bisa ada pengembangan pelabuhan Yos Sudarso Dobo, bagian sebelah barat dengan dilakukan reklamasi perpanjangan dermaga 120 meter khusus buat Kontener. Nanti ada pengerukan sekaligus reklamasi sepanjang 120 meter, khusus untuk kontener, "terangnya.

Dikatakan untuk tahun 2019 ini sedang dilakukan pembangunan dengan beberapa paket pekerjaan, baik pekerjaan rehabilitasi maupun pekerjaan bangun baru. Untuk pekerjaan bangun baru disebutkan ada tiga (3) paket diantaranya pekerjaan pembangunan pagar, Pekerjaan Paving tempat penampungan Kontener, dan pekerjaan pembangunan drainase sekitar pelabuhan. Sementara untuk pekerjaan rehab, diantaranya adalah pekerjaan rehab ruang tunggu dan kantor UPP Kls. III Dobo.

“Untuk pengembangan pelabuhan Yos Sudarso Dobo itu sedang dibangun baru yaitu pagar, Paving, untuk Kontener, kemudian drainase. Sebenarnya pelabuhan ini belum layak untuk Kontener, tetapi kebutuhan maka kita tidak bisa tolak. Kita harus layani sekalipun lahan terbatas. Dan kedepan dalam pengembangan kita akan siapkan yang lebih baik. Jadi sekarang ini ada dua paket pekerjaan di tahun 2019 ini, yaitu pembangunan baru dan Rehabilitasi. Pagar, paving, dan drainase itu merupakan pekerjaan bangun baru. Sementara untuk ruang tunggu sama kantor itu rehab, "Jelasnya.

Reporter : Moses K
Editor     : A W I

1 komentar:

  1. Setuju,masyarakat harus cerdas untuk mencerna informasi mana yg mempersatukan bangsa & mana yg bisa memecah keutuhan bangsa.

    BalasHapus

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"