Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Selasa, 10 September 2019

Lanal Aru Gelar Upacara Peringatan HUT TNI AL ke - 74

Kepulauan Aru, SNN.com - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI AL yang ke - 74, Pangkalan TNI AL, (Lanal) Kepulauan Aru menggelar upacara di Makotis Lanar Aru, Senin (10/9/2019) pukul 08.00 WIT.

Bertindak selaku Inspektur upacara, Komandan Lanal Aru, Letkol Laut (P) Sahatro Silaban, M.Tr.Hanla.

Selaku Pejabat Upacara Pa Up Dansatma Lanal Aru, Letda Laut (E) Irawan purnomo dan Up, Palaksa KAL.P.Trangan Lanal Aru, Letda Laut (P) Surya.

Pantauan Sorot Nuswantoro News, upacara peringatan HUT TNI AL kendati dilaksanakan secara sederhana, namun penuh hikmat.

Danlanal Aru saat membacakan amanat Kepala Staf  AL intinya mengatakan, Tepat kiranya pada peringatan HUT kali ini tema yang diambil yaitu “Bersama Rakyat, TNI Angkatan Laut Siap Membangun SDM Unggul, Fondasi Indonesia Maju".

Selaras dengan visi pemerintah lima tahun ke depan, area yang menjadi fokus utama untuk TNI Angkatan Laut tahun ini adalah peningkatan pembangunan sumber daya manusia.

Yang perlu kita sadari bersama, bahwa kekuatan pertahanan sebuah negara terukur dalam komponen konseptual, fisik dan moral dengan faktor sumber daya manusia sebagai tulang punggungnya.

Dengan demikian keunggulan SDM TNI Angkatan Laut merupakan tuntutan yang sudah tidak dapat ditawar-tawar lagi karen kita semua berikeinginan agar TNI Angkatan Laut diawaki oleh prajurit yang terlatih, terdidik, dilengkapi secara baik dan dijamin kesejahteraannya sesuai dengan jati diri prajurit TNI sebagai tentara profesional.


Sebelum mengakhiri amanat ini, perlu saya sampaikan beberapa hal sebagai berikut:
Pertama, tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada tuhan yang maha esa, serta amalkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai landasan pengabdian kepada bangsa dan negara.

Kedua, jawab tantangan bangsa ke depan, dengan upaya membangun sdm TNI Angkatan Laut yang unggul sebagai prajurit profesional yang berpedoman pada sumpah prajurit, Sapta marga, Delapan wajib TNI dan Trisila TNI Angkatan Laut.

Ketiga, kembangkan diri dan tingkatkan kesiapsiagaan untuk mampu menghadapi tantangan global yang semakin kompleks dan dinamis dengan mengembangkan pola pikir dan pola tindak yang adaptif, produktif, inovatif dan kompetitif.

Keempat, jalin semangat persatuan dan kesatuan bangsa dengan semua lapisan masyarakat sebagai kekuatan dasar sistem pertahanan negara kita dan tingkatkan jiwa prajurit TNI Angkatan Laut serta jalin soliditas dan sinergitas TNI Angkatan Laut dengan kepolisian negara republik Indonesia Dimanapun kalian bertugas.

Kelima, kembangkan intuisi dan naluri sebagai prajurit matra laut serta tanamkan nilal-nilai maupun tradisi TNI Angkatan Laut dalam kehidupan sehari-hari.

Menyertai upacara yang sarat dengan nuansa kebanggaan ini, saya selaku kepala staf angkatan laut menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada segenap perwira, bintara dan tamtama serta pegawai negeri sipil TNI Angkatan Laut dimanapun berada dan bertugas, atas dedikasi, loyalitas dan pengabdian yang telah diberikan dalam mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas yang diembankan kepada TNI Angkatan Laut.

Ucapan yang sama saya sampaikan kepada para sesepuh yang telah membangun TNI Angkatan Laut hingga saat ini, bahkan selalu memberikan dukungan moril, doa dan motivasi, kepada para prajurit, sehingga memberikan kepercayaan diri yang kuat dalam melaksanaan tugas yang diembannya.

Reporter : Nus Yerusa
Editor     : A W I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"