Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Rabu, 25 September 2019

Menyambut Hari Sumpah Pemuda, Kelurahan Bendan Duwur Akan Mengadakan Gelar Budaya Wayang Kulit

Semarang, SNN.com - Warga Bendan Duwur akan mengadakan kegiatan Gelar budaya 2019  dengan mengelar  Wayang Kulit. Adapun tema kegiatan tersebut yakni  "nyahwijining karep Lestarining ibu pertiwi" Untuk kegiatan tersebut Panitia terus mempersiapkan dari dengan melaksanakan rapat panitia.

Kegiatan wayang kulit semalam suntuk tersebut rencananya diadakan pada tgl.26 Oktober 2019 dengan rangkaian bersih desa pada pagi harinya dilanjutkan wayang kulit  pada  malam harinya

Ketua Panitia Agustono menyampaikan rencana kegiatan Digelar di jalan depan kantor desa, pentas wayang kulit menghadirkan dalang Ki Ragil Supadi Lepdo Carito,SH  yang memainkan lakon Jabang Tetuko (Lahirnya Gatot Kaca).

Rencananya Pagelaran wayang kulit  ini  nantinya sudah di susun sedemikian rupa diawali penyerahan tokoh wayang kulit dari Lurah Bendan Duwur Djumono,SH kepada dalang Ki Ragil Supadi Lepdo Carito,SH  

Lurah Bendan duwur  menyampaikan kepada awak media "Selain wujud syukur, bersih desa diharapkan menjadi salah satu upaya untuk melestarikan budaya Jawa  dan menguatkan keanekaragaman, bersifat nasionalisme serta menguatkan nilai-nilai gotong-royong,” ucap Djumono,SH.


Dia menegaskan, pagelaran wayang kulit ini merupakan bagian untuk ikut serta berpartisipasi dalam melestariakan budaya bangsa, sekaligus sebagai wujud kecintaan terhadap keberadaan suku, adat, seni, dan budaya yang ada di daerah, khususnya suku Jawa.

“Kami berharap keharmonisan kerukunan dan kebersamaan masyarakat terjalin dengan erat dan penuh rasa persaudaraan dapat terus terpelihara. Kerukunan dan kebersamaan ini modal penting bagi kita untuk membangun wilayah Bendan Duwur” tandasnya.

Ditambahkan, pagelaran wayang diselenggarakan juga untuk mengedukasi sekaligus memperkenalkan kesenian wayang kepada generasi muda di kelurahan Bendan Duwur. Kegiatan ini menjadi bukti komitmen Pemerintah kelurahan Bendan Duwur untuk terus melestarikan kebudayaan Indonesia yang indah ini.

"lewat acara ini kami berupaya untuk membangkitkan kembali kepedulian masyarakat, khususnya para generasi muda untuk kembali menikmati wayang,” pungkasnya.

Reporter : Adi S
Editor     : A W I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"