Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Minggu, 29 September 2019

Tasyakuran Dan Reuni Haji Di Gelar Pemkab Tuban

Tuban, SNN.com - Ribuan Jamaah Haji Kabupaten Tuban menghadiri acara Tasyakuran dan Reuni Haji yang diadakan di Pendopo Krido Manunggal, Minggu ( 29/09/2019 ).

Kegiatan ini di hadiri oleh Bupati Tuban, Wakil Bupati Tuban, Forkopimda, sejumlah pimpinan OPD dan Camat di Kabupaten Tuban, Ketua MUI dan Organisasi Keagamaan Kabupaten Tuban serta Alumni Haji dari Semua Angkatan.

Dalam laporannya, Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kabupaten Tuban, Umi Kulsum S.Ag. M.Pdi. menyampaikan terima kasih atas bantuan Pemkab Tuban terkait dengan Hibah untuk memfasilitasi pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji. Alhamdulillah tidak ada pungutan sepeser pun kepada calon jamaah haji untuk pemberangkatan dan pemulangan dari Tuban hingga Embarkasi Surabaya, paparnya.

Lebih lanjut, Umi Kulsum melaporkan bahwa kegiatan ini di biayai dari infaq Jamaah Haji yang berangkat Tahun 2019. dari total 878 jamaah haji tahun 2019, infaq yang di terima sebanyak 80 persen, dan selanjutnya di cukupi oleh bapak Bupati Tuban, terangnya.

Selanjutnya, Umi melaporkan bahwa estimasi calon jamaah haji Kabupaten Tuban Tahun 2020 adalah sejumlah 1200 CJH. Jumlah tersebut belum termasuk cadangan, penggabungan dan lansia yang mempunyai prioritas berangkat. untuk di ketahui sekarang  masa tunggu daftar haji adalah 27 tahun, terangnya.

Pada Kesempatan yang sama, Wakil Bupati Tuban Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si., selaku Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia ( IPHI ) Kabupaten Tuban menyampaikan selamat bergabung bersama IPHI bagi Jamaah Haji Tahun 2019 . IPHI Kabupaten Tuban ini sudah terbentuk hingga tingkat Kecamatan bahkan Desa, karena sifat IPHI yang terbuka dan langsung, maka Jamaah Haji Tahun 2019 otomatis menjadi anggota IPHI, terangnya.

Selanjutnya, Wabup menyampaikan terima kasih kepada penyelenggara atas dilaksanakannya acara tasyakuran dan reuni haji ini. terimakasih atas antusiasme dalam melaksanakan tasyakuran dan reuni ini yang luar biasa, paparnya.


Lebih lanjut, Wabup menjelaskan bahwa tujuan  terbentuknya IPHI adalah untuk senantiasa meningkatkan silaturahim antar jamaah dan menjaga kemabruran haji. di harapkan saat berkumpul sesama jamaah haji memakai pakaian yang menunjukkan identitas haji untuk menjaga kemabruran hajinya, terangnya.

Dalam Sambutannya, Bupati Tuban, H. Fathul Huda menyampaikan bahwa acara ini di maksudkan untuk syukuran dan membangun ukhuwah serta memelihara kemabruran haji.

Selanjutnya Bupati mengatakan bahwa meskipun jamaah haji hanya berkumpul selama 40 hari tetapi hubungan sesama jamaah sangat erat dan dekat. saya Jamaah Haji tahun 1991, tetapi masih merasa seperti saudara dengan sesama Jamaah Haji pada tahun tersebut, paparnya.

Lebih lanjut, Bupati menyampaikan keyakinannya bahwa seluruh Jamaah Haji yang hadir merupakan Haji mabrur. Orang yang telah melaksanakan haji itu seperti bayi yang baru di lahirkan, bersih dari semua dosa." Seperti orang yang memakai baju putih, jika ternoda sedikit maka akan terlihat, maka seperti itu pentingnya menjaga kemabruran haji," terangnya.

Kemabruran haji dapat di jaga dengan senantiasa bersikap dermawan dan terus bersilaturahmi.
Bupati Huda menerangkan bahwa Pemkab Tuban memberi perhatian pada berbagai kegiatan keagamaan. Berbagai kebijakan yang di tetapkan di maksudkan untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Tuban yang religius sesuai dengan nilai - nilai ajaran agama masing - masing.

Salah satu program yang dilaksanakan adalah peningkatan kualitas pendidikan agama sejak dini di dukung dengan pendirian TPQ. Pemkab Tuban juga akan memberikan Hibah terhadap pembangunan lembaga TPQ Pemkab sesuai dengan kondisi luasan.

Di samping itu, guru TPQ akan mendapatkan kenaikan insentif  100 persen di tahun ini dengan tujuan memberi motivasi dan semangat kepada guru TPQ." Pada 2020, Guru MI dan MTs yang belum termasuk Guru Tidak Tetap dan Bukan PNS, juga akan di berikan Insentif dari Pemkab tanpa terkecuali," pinta Bupati kelahiran Montong ini.

Reuni Haji tahun 2019 ini di isi dengan tausiyah agama dengan pembicara KH. Jamaludin Ahmad dari Jombang. Dalam tausiyahnya, Kyai Jamal mengajak semua undangan yang hadir untuk menjaga ibadahnya seperti saat menjalankan ibadah haji.

Reporter : Agus
Editor     : A W I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"