Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Rabu, 18 September 2019

Tanggapan Wakil ketua l DPRD Soal Karhutla di Kubar, Mendesak Pemkab Segera Tanggap Darurat

Wakil Ketua l DPRD Kabupaten Kutai Barat "H. Ahmad Syaipul
Kutai Barat, SNN.Com - Sebaran asap di Kabupaten Kutai Barat Provinsi Kalimantan Timur terpantau masih terus meluas. Bahkan asap telah menyebabkan kualitas udara menurun di Kubar,  pantauan manual menunjukkan asap tipis hingga sedang telah menutup hampir semua wilayah di Kubar.

Penomena kabut asap yang menyelimuti alam Kabupaten Kutai Barat Provinsi Kalimantan Timur kini semakin parah dan sangat mengkhawatirkan warga masyarakatnya, hal tersebut bukan saja dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Kutai Barat akan tetapi juga terjadi di wilayah Provinsi Kalimantan Timur bahkan hampir dibeberapa Provinsi lainnya di Indonesia.

Menyikapi hal tersebut wakil Ketua l Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Barat Provinsi Kalimantan Timur "H. Ahmad Syaipul dari Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) kembali angkat bicara tentang kabut asap di Kubar, Rabu (18/9/2019).

Wakil Ketua I DPRD H. Ahmad Syaipul yang biasa dipanggil H. Acong juga mendesak agar Pemerintah Kabupaten Kutai Barat segera memberikan instruksi kepada instansi terkait untuk terjun langsung ke masyarakat terutama mendirikan pos-pos kesehatan di tiap kecamatan dan membagikan masker yang berkuaslitas kepada masyarakat.


"Dan juga meminta agar pihak Dinas Pendidikan Kubar segera meliburkan siswa sekolah untuk menghindari dampak kabut asap yang bisa menimbulkan ISPA. Infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA adalah infeksi di saluran pernapasan, yang menimbulkan gejala batuk, pilek, disertai dengan demam. Sesuai dengan namanya, ISPA akan menimbulkan peradangan pada saluran pernapasan, mulai dari hidung hingga paru-paru. "Tegasnya.

Ketika ditanya yang berkaitan dengan lambannya Pemerintah Kabupaten Kutai Barat dan instansi terkait dalam memberikan pelayanan dan penanganan terkait dengan kabut asap tersebut, iya juga menegaskan hal ini tidak bisa dianggap sepele karena menyangkut kesehatan warga kita juga" ujarnya.

Hal inilah yang membuatnya mendesak agar Pemerintah Kabupaten Kubar dan instansi terkait segera mengambil sikap tanggap darurat demi kesehatan masyarakat secara luas.

Reporter : Johansyah
Editor      : A W I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"