Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Minggu, 29 September 2019

Proyek Pembangunan SDN Simorejo 1 Tuban, Terindikasi Tidak Sesuai Spesifikasi Teknik

Tuban, SNN.com - Proyek Pembangunan Ruang Kelas Baru Sekolah Dasar Negeri Simorejo 1, terindikasi tidak sesuai spesifikasi teknis yang telah di rencanakan.

Proyek yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah ( APBD ) 2019, dengan leading Sektor Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban tersebut, di dapati tidak memasang plang papan nama proyek. Yang merupakan satu item pekerjaan awal sejak proyek di mulai. Karena telah di anggarkan dalam Rencana Anggaran Belanja. Dan diduga telah melanggar UU nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik. Tentunya hal ini mengidentifikasikan kurang transparansinya proyek yang di biayai oleh Negara.

Ada beberapa temuan  dalam pelaksanaan proyek tersebut, yang terindikasi tidak sesuai dengan spesifikasi teknik. Sebagaimana yang ada di Rencana Anggaran Belanja ( RAB ) pada khususnya. Dan perjanjian kontrak kerja pada umumnya.

Temuan Wartawan SNN.com di lapangan, di sinyalir tidak sesuai teknik meliputi item pembesian. Di dapati besi yang diduga hanya berdiameter 7,09 mm SNI dari yang seharusnya berdiameter 8 mm SNI. Dan untuk besi ukuran diameter 10 mm SNI, tapi di dalam pelaksanaannya diduga menggunakan besi ukuran diameter 9,15 mm SNI. Sedangkan untuk besi ukuran diameter 12 mm SNI, ternyata dalam pelaksanaannya diduga menggunakan besi ukuran diameter 11,58 mm SNI.


Sementara itu, dalam komposisi adonan pasir dan semen banyak pasirnya. Sehingga menghasilkan adonan yang buruk. Komposisi adonan semen dan pasir, di dalam pelaksanaannya tidak memakai mesin molen yang mana mestinya harus memakai mesin, karena di dalam RAB telah di anggarkan.

Dengan pekerjaan yang diduga tidak sesuai spesifikasi teknik tersebut, di kawatirkan akan mempengaruhi umur proyek di kemudian hari. Lebih dari itu, pelaksana proyek tersebut berpotensi merugikan keuangan Negara, dan juga masyarakat.

Lebih lanjut di butuhkan pengawasan yang optimal dari semua pihak yang berkompeten. Baik dari konsultan, internal Dinas maupun DPRD Kabupaten Tuban yang salah satu tupoksinya adalah " pengawasan ", agar kepercayaan masyarakat terhadap birokrasi pemerintah bisa senantiasa terjaga.

Sumarno Kabid.Pendidikan Sekolah Dasar, Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban saat akan di konfirmasi sedang rapat di Kantor, Jumat ( 27 - 09 - 2019 ). Menurut salah satu stafnya, " Bapak lagi rapat mas," katanya.

Reporter : Agus
Editor     : A W I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"