Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Senin, 09 September 2019

Pemdes Ohio Ngofuit Bawah Komitmen Bangun Desa

Maluku Tenggara, SNNNews.com - Program pembangunan Desa/ Ohoi Ngofuit Bawah  tahun anggaran 2019 untuk tahap I dan II telah mencapai 100 persen penggunaannya. Hal ini merupakan komitmen Kepala Desa/Ohoi dalam membangun desa Ngofuit Bawah.

Kepala desa/Ohoi Ngofuit  Bawah Frengky M. Rahandra kepada wartawan di ruang kerjanya Senin (10/9/2019) menjelaskan, Pemerintah desa Ngofuit Bawah dalam program kerjanya selaku menerapkan sistim pemerintaha yang transparan. Dengan begitu maka seluruh program kerja beserta pembiayaannya diketahui oleh seluruh masyarakat.

" Program kerja pemerintah desa bersama pembiayaan itu diumumkan secara terbuka untuk masyarakat yang terinci dalam bentuk program fisik maupun non fisik," ungkap Kades Rahanra.

Dikatakannya, program desa/ohoi tahun 2019 terbagi dalam 4 program diantaranya: program bidang Penyelenggaraan Penerintahan Desa/Ohoi Ngofuit Bawah dianggarkan sebesar Rp 438.444.400, program Bidang pelaksanaan pembangunan dianggarkan sebesar Rp 669.306.000. Program Bidang pembinaan kemasyarakatan dianggarkan sebesar Rp 130.800.000 dan program Bdang pemberdayaan masyarakat dianggarkan sebesar Rp 45.030.000.


Secara garis besar Kepala Desa Frengky Rahandra kembali menjelaskan, program rehabilitasi rumah tidak layak huni untuk waga desa sebanyak 21 unit yang telah mencapai 100 persen.Selain itu  pembayaran tunjangan 5 bulan untuk staf pemerintah desa bersama unsur lainnya dibiayai melalui pencairan dana  Desa tahap I. Sementara pencairan dana tahap II dimanfaatkan untuk membiayai program pembangunan bahu jalan sepanjang 35 meter dan pengadaan 5 unit lampu solar sel yang ditempatkan pada 5 titik dalam desa yang sudah terealisasi 100 persen.

Sementara program pembuatan 2 buah gapura dalam desa dengan konstruksi beton. Program ini akan dibiayai melalui pencairan dana desa tahap III.

"Sebagian material pekerjaan 2 unut gapura seperti besi 12 mili,kayu kelas II ukuran 5x7,pasir dan batu pecah telah disiapkan oleh Pemerintah Desa/Ohoi pada lokasi kerja," pintanya.

Disinggung soal pekerjaan 2 buah gapura itu Kades Frengky Rahandra kembali menjelaskan bahwa pekerjaan fisik dua buah gapura ini dilaksanakan pada Minggu kedua September 2019 dengan melibatkan tenaga kerja dari masyarakat setempat.

Reporter : Buyung
Editor      : A W I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"