Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Selasa, 08 Februari 2022

Forum Komunikasi Pondok Pesantren Diharapkan Bisa Meningkatkan Sinergisitas Dengan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro


Bojonegoro, SNN.com - Pengurus Forum Komunikasi Pondok Pesantren ( FKPP ) Bojonegoro di kukuhkan di Pendopo Pemkab, Selasa ( 8/2/2022 ). Keberadaan FKPP di harapkan bisa meningkatkan sinergisitas dengan Pemkab Bojonegoro.

Pengurus FKPP di kukuhkan oleh Kementerian Agama ( Kemenag ) Bojonegoro. Hadir dalam acara pengukuhan FKPP, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Djoko Lukito, Perwakilan Kodim 0813, Polres Bojonegoro, Kejaksaan Negeri. 

Menurut Ketua Pengurus FKPP Bojonegoro Ustadz Mangku Alam, FKPP ini sebagai bentuk wadah bagi para Pondok Pesantren untuk saling belajar dan mengadopsi program - program yang di anggap baik dan membawa kemajuan dalam Pondok Pesantren.

“ Di Bojonegoro terdapat kurang lebih 312 Pondok Pesantren. Namun hanya sekitar 100 lebih yang mempunyai izin,” bebernya.

Ustadz Mangku Alam menjelaskan bahwa dengan adanya FKPP ini di harapkan lebih terorganisir dan mempermudah kita dalam berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk kemajuan Pondok Pesantren yang ada di Kabupaten Bojonegoro.

Terlebih fungsi Pendidikan Pesantren melalui amanat Undang - Undang nomor 18 tahun 2019 tentang Pesantren merupakan bagian dari penyelenggaraan Pendidikan Nasional.

“ Kami mohonn doa, dukungan dan kerja samanya dalam mengemban tugas untuk mewujudkan kemaslahatan Pondok Pesantren serta menjadikan Bojonegoro Baldatun Toyyibatun,” pintanya.


Sementara itu, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Bojonegoro, Munir menyampaikan terdapat 5 kunci dalam menjadikan Pondok Pesantren agar senantiasa eksis dan mempunyai kapasitas yang hebat dan bermartabat. Yakni paling utama adalah kemauan.

“ Semua hal yang dilakukan dengan kemauan yang kuat akan tercapai,” terangnya.

Kunci yang kedua adalah kemampuan karena kemampuan tercipta adanya kemauan yang kuat. Dan ketiga adalah kekompakan, yakni sinergitas antara Pondok Pesantren dengan Kementerian Agama dan Pemerintah Daerah.

“ Sinergitas melalui program yang telah di rencanakan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas Pondok Pesantren,” kata Munir.

Kunci yang keempat adalah keseimbangan di mana Ponpes mampu memprioritaskan dan melaksanakan program yang telah di tentukan. Sedang kunci yang terakhir adalah keikhlasan.

Tak lupa Munir juga mengajak seluruh Pondok Pesantren untuk mengawal moderasi beragama, dan sebagai salah satu benteng dalam penguat NKRI dan nilai keimanan.

Di kesempatan yang sama, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Pemkab Bojonegoro Djoko Lukito menambahkan bahwa Pemerintah Daerah siap bersinergi dengan Pondok Pesantren dan Kementerian Agama melalui program keagamaan.

“ Salah satunya melalui program bantuan insentif Ustad/Ustadzah Madzrasah Diniah dan masih banyak program lainya sebagai penunjang kesejahteraan di sektor keagamaan,” pungkasnya.

Reporter : Agus
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"