Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Jumat, 24 April 2020

Ketegangan Terjadi di Bandara Rar Gwamar Dobo

Kepulauan Aru, SNN.com - Ketegangan terjadi di Bandara Rar Gwamar Dobo, Kabupaten
Kepulauan Aru, Jumat (24/4/2020). Ketegangan ini bermula ketika warga mengetahu kehadiran 17 ABK KM Sejahtera 88 dari luar daerah zona merah covid-19 masuk di Aru menggunakan jalur udara.

Pantauan Sorot Nuswantoro News.com, untuk mengatasi ketegangan itu, para petugas yang selalu siap siaga di Bandara Rar Gwamar Dobo langusng mengambil langkah cepat.

Ke 17 ABK tersebut akhimya dijemur di halaman parkiran bandara menunggu koordinasi Tim Gugus Penanganan dan Penanggulangan Covid 19 bersama pengurus kapal yang diketahui bernama Azeng.

Hasil koordinasi belangsung cepat. Ke 17 ABK tersebut Iangsung dilarikan ke kapal untuk menjalani masa karantina selama 14 hari. Mereka juga diminta untuk berlabuh di tengah
laut dan dilarang keras turun ke darat.

Pengurus kapal, Azeng yang dikonfermasi terkait kehadiran 17 ABK-nya di tengah pandemi Covid 19 mengaku sama sekali tidak mengetahui kalau para ABK tersebut datang di Dobo. Menurutnya tidak ada koordinasi dari pihak perusahan dengan dirinya selaku pengurus kapal.

“Saya tidak tahu kalau mereka mau datang di Dobo karena tidak ada koordinasi dari
pihak perusahan dengan saya. Saya baru tahu ketika mereka telepon dan memberitahu bahwa mereka dicegat di bandara,” ungkap Azeng.

Pernyataan Azeng jadi bola liar. Sejumlah warga Kota Dobo menilai Azeng hanya bersilat lidah untuk menghindari amukan warga.

“Bagaimana mungkin dirinya (Azeng) tidak tau kalau ada ABK kapalnya datang di
Aru, sementara perjalanan para ABK dibiayai o|eh pihak perusahan. lni pembohongan untuk menyelamatkan diri dari amukan masyarakat Aru,”ujar warga yang tak mau disebutkan nama.

Wargapun berharap dari kejadian ini,  pemerintah daerah bisa mengambil langkah cepat untuk menutup jalur penerbangan agar orang-orang dari Iuar darah tidak lagi masuk dia Aru.

“Kami berharap dari kejadian ini, pemerintah daerah bisa ambil langkah cepat untuk menutup
jalur penerbangan. Karena jika tidak, maka orang-orang dari luar darah akan terus berdatangan di Aru,” harap mereka.

Sekedar untuk diketahui, hasil pemeriksaan kesehatan 17 ABK KM Sejahtera 88. semuanya normal karena sushu tubuh mereka 36 derajat Celcius.

Reporter : Nus Yerusa
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"