Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Senin, 27 April 2020

Pengurus KKDB Kubar Dan Kaltim Bersatu : Bagikan Bantuan Kepada Masyarakat Bentian Besar

Kutai Barat, SNN.com - Pengurus Kerukunan Keluarga Dayak Bentian (KKDB) Kutai Barat  dan KKDB Kalimantan Timur kompak bersatu melaksanakan Gerakan Peduli Kasih dengan membagikan Masker, Hand Sanitizer dan Sembako kepada masyarakat Bentian Besar pada hari Sabtu, 25 April 2020 yang lalu.

"Ketua KKDB Kaltim Wandi mengatakan, sebagai organisasi kemasyarakatan yang di bangun atas dasar kekompakan dan lahir dari aspirasi masyarakat Bentian Besar tentu kami merasa terpanggil. Pandemi viruscorona (Covid-19) kini menjadi penyakit yang sangat menakutkan, setelah ratusan negara-negara di dunia dan kini Indonesia pun tak luput dari wabah tersebut.

Lebih lanjut, dengan adanya pemberlakuan dari pemerintah akan social distancing dan physical distancing tentu hal ini sangat memukul warga kami khususnya masyarakat Bentian Besar, mengapa tidak, dengan adanya imbauan ini tentu masyarakat kami yang ekonominya sangat ketergantungan dengan usaha yang banyak dilakukan di luar rumah dan pada akhirnya harus banyak berdiam diri di dalam rumah. " Jelas Wandi.

KKDB Kaltim dan KKDB Kubar bersatu dengan membagikan masker, Hand sanitizer dan sembako diharapkan dapat membantu masyarakat Bentian Besar yang tersebar di 9 (sembilan) kampung dalam wilayah kecamatan Bentian Besar Kubar yang terdampak pandemi Covid-19 ini. "Tegas Wandi.


Secara terpisah, ketua KKDB Kutai Barat "AKP (Purn) Lorensius Balak akrab di sapa Loren mengatakan,
Kami sebagai ormas yang berafiliasi kepada suku dayak Bentian sangat prihatin atas musibah virus corona atau covid-19 ini, dimana pola hidup masyarakat yang biasanya bebas berkegiatan apapun  menjadi sangat terbatas bahkan eksklusif. Sehingga kegiatan yang bersifat kearifan lokal jadi sulit dilakukan, apalagi masyarakat kampung sangat erat kebersamaan dalam bergotong royong.

"Loren menambahkan, namun hal ini sangat mustahil jika dilakukan karena harus taat dengan peraturan dan imbauan pemerintah. Maka melalui kesempatan ini KKDB kaltim dan KKDB Kubar ingin berbagi kasih kepada warga dan masyarakat yang kurang beruntung, KKDB juga berbagi antiseptic pencuci tangan kepada pos relawan yg berada di 9 Kampung. "Jelas Lorensius.

Lebih lanjut, walaupun tidak banyak yang dapat kami layani namun harapan kami kiranya melalui bantuan ini dapat memberikan semangat dan motivasi bagi masyarakat yang kurang beruntung. Harapan kami kiranya bantuan pemerintah dapat sesegera mungkin disalurkan kepada masyarakat guna mencukupi kebutuhan masyarakat yang berada di kecamatan Bentian. "Harap Loren.


Kedua pimpinan KKDB Kaltim dan KKDB Kubar Wandi dan Lorensius juga tak bosan-bosannya memberikan imbauan kepada masyarakat Bentian Besar di 9 kampung tersebut agar selalu mematuhi standard operasional perosedur (SOP) baik dari pemerintah kabupaten maupun dari tim gugus tugas percepatan penanganan covid-19 untuk mematuhi : 1. Agar tidak keluar rumah kecuali ada keperluan mendesak. 2. Selalu memakai masker baik saat di dalam rumah ataupun saat beraktivitas di luar rumah. 3. Biasakan selalu mencuci tangan sebelum atau sesudah berkegiatan. 4. Hindari pertemuan yang mengundang banyak orang. 5. Tetap menjaga jarak untuk mencegah kontak langsung dengan orang per-orang.

Hanya dengan prilaku disiplin dan selalu taat aturan maka kita dapat terhindar dari penularan viruscorona (covid-19), dan harapan kita semua semoga wabah yang sangat berbahaya ini segera berlalu, sehingga kita semua dapat melakukan kegiatan dan aktivitas rutin kembali kita nikmati bersama. "Imbuh kedua pimpinan KKDB ini.

Reporter : Johansyah
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"