Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Jumat, 10 April 2020

Posko Mudik Dan Kewaspadaan Covid - 19 Mulai Beroperasi Hari Ini

Tuban, SNN.com - Setelah penetapan status penanganan Covid -19 di Kabupaten Tuban di tingkatkan menjadi Status Keadaan Darurat dari yang sebelumnya Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Infeksi Covid -19 Sebagai Penyakit Yang Dapat Menimbulkan Wabah dan Upaya Penanggulangannya, serta di tetapkannya Tuban menjadi Zona Merah oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Pemkab Tuban bergerak cepat untuk meningkatkan kewaspadaan penyebaran Covid -19, diantaranya dengan mendirikan Posko pemantauan mudik dan kewaspadaan Covid -19 Kabupaten Tuban.

Tiga posko mulai beroperasi mulai hari ini, Jum'at ( 10/04/2020 ). Diantaranya di Perbatasan Tuban - Rembang di Kecamatan Bancar, Perbatasan Tuban - Bojonegoro di Kecamatan Soko, dan Perbatasan Tuban - Lamongan di Kecamatan Widang.

Sekretaris Dinas Perhubungan Tuban, Gunadi saat di konfirmasi mengatakan bahwa, petugas yang berjaga di Posko adalah terdiri dari personil Dinas Perhubungan, Polisi, TNI dan Tenaga Kesehatan dari Dinas Kesehatan Tuban.“ Posko di bagi menjadi beberapa shift. Pemeriksaan kendaraan akan dilakukan secara selektif oleh petugas yang berjaga," katanya.

Gunadi menjelaskan bahwa sesuai dengan SOP, penumpang kendaraan tujuan Tuban akan di periksa suhu tubuhnya dengan thermal gun, jika suhu normal atau di bawah 38 derajat celsius, maka penumpang tersebut di perbolehkan untuk melanjutkan perjalanan," sesampainya di rumah mereka harus melakukan Isolasi mandiri selama 14 hari dengan melapor kepada RW/RT setempat." terangnya.


Namun jika suhu tubuh penumpang adalah 38 derajat celcius atau lebih, maka akan dilaksanakan pemeriksaan lanjutan di Puskesmas terdekat." jika di indikasi ada gejala Covid -19 maka akan segera di rujuk ke Rumah Sakit rujukan." tambahnya.

Selain dengan pendirian Posko, Gunadi mengatakan bahwa kegiatan peningkatan kewaspadaan Covid -19 juga dilaksanakan dengan pembagian masker di beberapa titik serta penerapan physical distancing di beberapa ruas jalan di Tuban Kota." Saya berharap masyarakat dapat mematuhi anjuran Pemerintah tentang jaga jarak fisik ( physical distancing ), petugas akan semakin menggalakkan penertiban kerumunan masyarakat." jelasnya.

Gunadi juga menghimbau kepada warga Tuban yang berada di luar Kota untuk dapatnya menahan diri  tidak pulang mudik pada saat pandemi Covid -19 masih ada, hal ini adalah sebagai wujud cinta keluarga di kampung halaman." Namun jika tetap harus pulang, di harapkan untuk mematuhi SOP Kesehatan yang telah di instruksikan oleh Pemerintah." terangnya.

Reporter : Agus
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"