Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Rabu, 15 April 2020

KNPI Kubar : Canissius Arjan SE Bagikan Masker Gratis Cegah Penyebaran Covid 19

Kutai Barat SNN.Com - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kutai Barat (Kubar) Kalimantan Timur (Kaltim) kembali turun ke jalan dalam aksi sosialnya membagikan ribuan Masker ke masyarakat Kubar khususnya dalam rangka pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19) pada hari Selasa (14/04/2020).

Kegiatan tersebut sebagai bukti kinerja positif dan bentuk komitmen DPD KNPI Kubar di bawah pimpinan Canissius Arjan SE menunjukan wujud nyata sinergitas dalam membantu pemerintah daerah yang saat ini berupaya keras memerangi serta memutus rantai penyebaran virus Corona.

"Canissius Arjan akrab disapa Arjan mengatakan, melalui kegiatan sosial DPD KNPI Kubar membagikan masker gratis kepada masyarakat adalah bentuk kepeduliannya terhadap kesehatan dan keselamatan warga Kubar itu sendiri. Hal ini menyusul hasil Rapid Test Covid-19 tahap kedua yang digelar pada Minggu 12 April kemarin di Media Center Covid-19.

Pemerintah Kabupaten Kutai Barat oleh tim  Gugus Tugas Penanganan Coronavirus Desease-2019 (Covid-19) yang dipusatkan di Rumah Dinas Jabatan Bupati Kubar Fx Yapan SH. Hasil Rapid Test yang diumumkan Pemkab Kubar bahwa terdapat 10 (sepuluh) warga Kubar yang terinfeksi pandemi berdasarkan historis atau riwayat perjalanan daerah terpapar yang datang dari luar Kabupaten Kubar.


Ketua DPD KNPI Kubar "Arjan memimpin langsung aksi sosial membagikan Masker
didampingi seluruh jajarannya dan turun ke jalan yang dilakukan secara serentak di 5 (lima) Kecamatan dalam wilayah Kutai Barat. Masker yang dibagikan kepada masyarakat secara gratis berjumlah 1500 lembar. Pembagian Masker gratis ini diperuntukkan khususnya pada pengguna jalan yang melintas.

Masker yang dibagikan DPD KNPI Kubar memiliki kualitas dan berbahan kain khusus yang di distribusikan ke masyarakat di mulai dari Kecamatan Barong Tongkok, Sekolaq Darat, Melak, Linggang Bigung dan Tering, kemudian akan menyusul di kecamatan lainnya hingga full di 16 Kecamatan se-Kutai Barat " Sebelumnya juga telah kita lakukan penyemprotan cairan Disinfektan dengan menyasar beberapa titik. "Ujar ketua DPD KNPI.

"Ia menambahkan, pembagian masker selanjutnya kepada masyarakat akan dilakukan bertahap tentu melalui 16 pengurus kecamatan (PK) KNPI dan di bantu belasan Organisasi Kepemudaan (OKP) baik regional maupun nasional yang tersebar se-Kubar, "Tukas Arjan.


Secara terpisah, Sekretaris DPD KNPI Kubar Fahrujiansyah Bachsan disapa Oji dirinya berharap, agar masker yang diterima masyarakat dapat digunakan dengan baik saat melakukan aktifitas rutinnya, hal tersebut untuk melindungi diri dari penyebaran wabah virus corona.

Ditambahkannya, “Masker saat ini menjadi kebutuhan yang sangat penting harus dimiliki masyarakat, melalui Pemerintah Pusat, Provinsi hingga Kabupaten/Kota dengan tegas menghimbau dalam beraktivitas baik di dalam/di luar rumah harus bermasker,” Imbuh Oji.

DPD KNPI Kubar terus membangun komunikasi dan bersinergi bersama pemerintah daerah dalam upaya menekan dan memerangi terjadinya penyebaran Virus Corona agar tidak meluas khususnya di Kutai Barat ini. Dengan mematuhi imbauan pemerintah atas mewabahnya virus Corona ini agar masyarakat dapat berlaku disiplin dalam menjaga pola hidup sehat dan bersih guna mengantisifasi penyebaran Covid-19 ini.

Secara umum masyarakat telah mengetahui bahwa ada 10 orang yang dinyatakan positif berdasarkan rapid test tenaga medis Covid-19 di Kubar. Ditambah susulan orang dalam pemantauan (ODP) dan Pasien dengan pengawasan (PDP) terbilang cukup banyak. Hal ini membuat organisasi pemuda DPD KNPI Kubar gencar mendorong dan mengajak seluruh forkopimda bersatu melawan pandemi agar tidak meluas dan memfilter masyarakat agar tetap selamat dari ancaman Covid-19.

Untuk meminimalisir dan menekan penyebaran Virus Corona dapat dilakukan dengan cara yang sangat sederhana, misalnya dengan bekerja dan beraktivitas dari rumah atau Work From Home (WFH).

Seperti Social Distancing, tindakan pembatasan untuk mengendalikan infeksi nonfarmasi atau memperlambat penyebaran suatu penyakit menular. Dan physical distancing' untuk menekankan bahwa kita dapat tetap terhubung secara sosial.

Reporter : Johansyah
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"