Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Kamis, 09 April 2020

Pemasok Keluhkan Turunnya Harga Barang Bekas

Semarang, SNN.com - Sejumlah pemasok barang bekas (rongsok) jenis besi dan plastik di daerah Ringin Telu, Kelurahan Simongan,  Kecamatan Semarang Barat,  mengeluh karena harga barang bekas semakin menurun akibat dampak dari penyebaran Covid -19.

Pemasok barang bekas dan plastik Walimin mengatakan, hampir tiap minggu barang bekas mengalami penurunan harga.

"Kini harga barang bekas jenis plastik turun Rp 1000 per kilogram. Lebih tragis lagi, harga barang bekas jenis besi tua turun hingga Rp2.000 per kilogramnya, "ujarnya Kamis (9/4/2020).

Menurut Walimin (55), sebulumnya harga barang bekas janis plastik dan besi yang dia kirim ke pabrik Rp 4.500 per kilogram. Namun kini, Kata Walimin, harga barang jenis plastik turun menjadi Rp3.000 per kilogram. Sedangkan jenis besi menjadi Rp2.500 per kilogram.

"Ini belum tentu diterima oleh pihak pabrik barang kami sering ditolak," terangnya.


Menurut Walimin, adanya Covid -19 ini berdampak juga pada penghasilan para pemulung. "Kami berharap  ada bantuan dari pemerintah, karena para pemulung kesulitan beraktivitas di tengah kondisi seperti saat ini," ujarnya.

Para pemulung juga rentan tertular virus yang menyerang saluran pernapasan. Walimin  berharap kondisi seperti ini dapat segera berakhir, sehingga perekonomian dapat pulih dan para pemulung dapat bekerja kembali.

Karena dengan kondisi seperti ini  menurut Walimin, pengepul plastik bekas sangat terpukul. Apalagi kita terbebani dengan pajak penghasilan. Sebab kata Walimin, untuk usaha seperti daur ulang ini sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 23 tahun 2020 untuk usaha daur ulang tidak bersingungan.

"Kita tidak ada keringanan pajak dari pemerintah. Padahal, industri daur ulang plastik juga terdampak pandemi virus corona seperti industri yang lain," ujarnya.

Reporter : Sumarjono
Editor     : AWI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"