Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Rabu, 08 April 2020

Cegah Covid-19, Pemdes Bedahan Siap Bagikan Ribuan Masker dan Hand Sanitizer Ke Warga

Kepala Desa Bedahan Djuli dariyanto
Lamongan, SNN.com - Pemerintah Desa Bedahan, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan akan membagikan Ribuan masker dan hand sanitizer secara gratis kepada warganya.

Desa Bedahan juga menganggarkan untuk membeli sejumlah alat kesehatan untuk mencegah menyebaran Covid-19 yang diambilkan dari dana desa 2020.

Alat kesehatan itu seperti pengukur suhu tubuh, masker, cairan disinfektan, dan hand sanitizer. Barang-barang itu digunakan demi kepentingan warga Desa Bedahan.

Kepala Desa Bedahan Djuli Dariyanto menyebut pemerintah desa telah melakukan musyawarah untuk membentuk posko Gugus Tugas Percepatan penanganan Covid-19 bersama dengan BPD dan tokoh masyarakat serta pemuda. Pembentukan satuan itu tertuang dalam Surat Keputusan Kepala Desa Bedahan Nomor 10 Tahun 2020.

"apalagi ada instruksi dari Kementerian Desa no 8 tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa, untuk gunakan dana desa guna mengantisipasi virus corona," kata Djuli kepada sorotnuswantoronews.com, Rabu (8/4/2020).


Pemerintah Desa Bedahan, kata Djuli, telah menyiapkan cairan disinfektan dan melakukan penyemprotan di setiap rumah warga tiap satu minggu sekali. Sementara, sejumlah alat kesehatan yang dibeli menggunakan dana desa itu akan tiba dalam minggu ini.

“Ini adalah ikhtiar kami agar warga tidak sampai terkena virus Corona. Hand sanitizer dan masker yang akan kita berikan secara gratis ini untuk digunakan warga beraktifitas di luar rumah, ”tambahnya.

Djuli menambahkan, Dalam pembagian hand sanitizer dan masker tersebut, Pemdes Bedahan juga akan melibatkan Bhabimkantibmas, Babinsa, tokoh masyarakat dan ketua RT dan RW se Desa Bedahan serta pemuda karang taruna.

“Kami juga melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin seminggu sekali dari rumah ke rumah. Serta pembuatan Gapura Disenfektan se wilayah Desa Bedahan,” jelasnya.

lanjutnya, Ini semua dilakukan agar masyarakat merasa tenang dan nyaman dan juga menghimbau agar warga untuk menjaga kesehatan dan kebersihan.

“Harapan kita adalah warga tetap tinggal di rumah, dan jika terpaksa keluar rumah  harus menggunakan masker. Selain itu selalu cuci tangan dengan sabun cair. Semoga seluruh warga Desa Bedahan diberi keselamatan dan kesehatan, ”pungkasnya.

Reporter : Zainal
Editor   : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"