Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Jumat, 27 November 2020

Kapolres Tuban Tinjau Lokasi Rawan Banjir Di Wilayah Kecamatan Widang - Tuban, Terkait TPS Rawan Bencana Alam


Tuban, SNN.com - Waktu yang tersisa kurang dari dua pekan dalam gelaran Pilkada Tuban, di manfaatkan oleh Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H., untuk memantau kondisi Kamtibmas secara langsung di wilayah jajarannya, utamanya wilayah yang di kategorikan rawan mengalami bencana alam banjir, Kamis,( 26/11/2020 ).

Tak sendiri, pengecekan dengan di libatkannya PJU sebagai bentuk keseriusan. Kali ini, lokasi yang menjadi perhatian serius adalah sekitaran aliran sungai Bengawan Solo yang melintasi sebagian wilayah Kabupaten Tuban bagian selatan. Lokasi ini di petakan sebagai kawasan rawan banjir dan tanggul longsor /amblas.

Salah satu tanggul yang di pantau adalah di Dusun Tanggir Desa Patihan Kecamatan Widang. Keberadaan tanggul sungai yang rendah mengakibatkan lokasi tersebut menjadi langganan banjir manakala musim penghujan, baik karena hujan di sekitar lokasi maupun luapan sungai karena kiriman air dari hulu sungai.

Melihat kondisi tersebut, Kapolres Tuban menaruh perhatian khusus, dan meminta Jajarannya untuk melakukan koordinasi dengan pihak pihak terkait yang berhubungan dengan agenda Pilkada, supaya lokasi tersebut tidak di tempatkan TPS saat pemungutan suara Pilkada Tuban 9 Desember nanti. 

" Di sekitar lokasi yang menjadi langganan banjir sebaiknya jangan di tempatkan TPS, ini untuk menghindari naiknya debit air saat musim penghujan dan bisa merusak fasilitas di TPS sehingga kegiatan bisa terganggu,' ucapnya.
.

Lanjut Kapolres, Pihaknya berkomitmen untuk menjaga keamanan di gelaran Pilkada Tuban. Baik aman dari sisi gangguan Kamtibmas maupun dari ancaman terjadinya bencana alam. Kita harus sigap dari awal, " kata Kapolsek AKP Totok Wijanarko, S.Pd., mengulang perkataan Kapolres saat mendampingi di lokasi.

Seluruh personil tentu akan kita kerahkan semaksimal mungkin. Sudah ada pola pengamanan, di mana berapa TPS yang maksimal bisa di jaga oleh satu anggota Polri. Saat ini di samping fokus pada pengamanan, Kepolisian juga akan bertambah tugas dengan pengawasan kegiatan di TPS agar tidak terjadi kerumunan yang berpotensi menjadi Klaster penyebaran Covid - 19," tambah Kapolres.


Mapping potensi kerawanan, meliputi sosial, Kamtibmas dan bencana alam di gelaran Pilkada Tuban sudah terdata dengan baik oleh Kepolisian, untuk itu kita lakukan pengecekan langsung ke lapangan agar bisa diambil langkah dan kebijakan yang tepat.

" Kita harapkan dalam gelaran Pilkada Tuban berlangsung damai, aman dan sehat. Aman dari gangguan Kamtibmas, Damai tidak ada gejolak, dan berjalan dengan menerapkan Protokol Kesehatan, serta terhindar dari bencana banjir, termasuk diantaranya penempatan lokasi TPS," papar Kapolres.

Reporter : Agus
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"