Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Rabu, 18 November 2020

Penghargaan Tertib Berbahasa Terbaik Tahun 2020 Diraih Majalah Akbar


Tuban, SNN.com - Majalah Akbar raih penghargaan media massa tertib berbahasa terbaik dalam ajang Penghargaan Bahasa Tahun 2020 yang di helat oleh Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di favehotel Sidoarjo, Selasa ( 17/11/2020 ).

Instrumen penilaian Penghargaan ini meliputi berbagai aspek diantaranya komitmen majalah akbar dalam mengunakan bahasa Indonesia di setiap ejaan, kalimat,  paragraf,  istilah dan lain lain termasuk penulisan Majalah Akbar di nilai telah mengimplementasikan  Perpres Nomor 63 Tahun 2020 tentang Penggunaan Bahasa Indonesia.

Pimpinan redaksi majalah Akbar, Tutik Musyarofah S.Ag.,MH., yang juga Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Kabupaten Tuban mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih atas apresiasi yang di berikan Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur.


Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dari Balai Bahasa provinsi Jawa Timur bagi media massa karena media massa merupakan lembaga atau sarana informasi yang tepat untuk penerapan pegggunaan bahasa Indonesia yg baik dan benar khususnya di ruang publik.

Dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar tentunya pembaca Akbar bisa belajar dan memahami pentingnya bahasa Indonesia melalui sajian media massa.

Komunikasi yg baik di dukung dengan pemakaian bahasa yang baik dan benar.

" Kami sangat berterima kasih atas penghargaan bahasa yang telah di berikan kepada Majalah Akbar Kabupaten Tuban, kami akan  menjadi lebih baik lagi agar Tahun 2021 nanti penghargaan yang telah di berikan bisa kami pertahankan," papar tutik usai menerima penghargaan.

Menurut Tutik, pemakaian bahasa Indonesia pada setiap penulisan di media massa sangat penting. Pasalnya, bahasa Indonesia bisa menjadi pemersatu bangsa yang mudah untuk di pahami sebagai bahasa negara.

" Dengan mengunakan satu bahasa di media massa yaitu bahasa Indonesia kita bisa menyatukan semua perbedaan suku, ras, Agama, serta bahasa daerah masing - masing," kata tutik.


Sementara itu, Dr. Asrif M.Hum selaku kepala Balai Bahasa Provinsi Jatim menegaskan bahwa tujuan penghargaan bahasa 2020 adalah sebagai salah satu wujud Nasionalisme dan media massa sebagai pembina bahasa.

" Tujuan penganugerahan penghargaan ini ialah untuk membangun masyarakat Jawa Timur untuk terus melek literasi, serta pengutamaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan," terang Asrif.

Secara terpisah, Kepala Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Drs. Abdul Khak M.Hum mengungkapkan bahwa salah satu peristiwa penting dalam sejarah Bangsa Indonesia adalah Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928.

" Peristiwa itu mempersatukan para pemuda dalam tiga sumpah yaitu, berbangsa yang satu, bertanah air yang satu, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia," jelas pejabat Kemendikbud.

Penghargaan Bahasa Tahun 2020 ini terdiri dari 3 kategori penghargaan : Lembaga Pemerintah tertib berbahasa terbaik, lembaga swasta tertib berbahasa terbaik, serta Media Massa tertib berbahasa terbaik.

Reporter : Agus
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"