Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Selasa, 17 November 2020

Padat Karya Membawa Manfaat Peningkatan Ekonomi Masyarakat


Bantul, SNN.com - H.Yoserizal SH, selaku anggota DPRD DIY melaksanakan launching padat karya tahun anggaran 2019/2020 berupa corblok jalan disusun Nglarang RT 05/06 Kelurahan Mulyodadi Kapanewon Bambanglipuro Kabupaten Bantul DI Yogyakarta, Senin (16/11/2020)

Program padat karya ini terselenggara atas kerja sama DPRD DIY, Disnakertrans DIY dan Disnaker Bantul.

Dalam sambutanya, Bang Yose ( panggilan akrab H Yoserizal SH) berharap, pembangunan infrastruktur corblok jalan ini betul-betul dapat diolah dan dikelola sebaik-baiknya , masyarakat agar menjaga kekompakan dan kerjasama untuk menumbuhkan dan memelihara sifat gotong royong.

"Pertama kita berharap pembangunan infrastruktur terutama corblok jalan disusun Nglarang RT 05 dan 06 ini dapat diolah dan dikelola  sebaik-baiknya, sehingga nanti bila jalan sudah berfungsi dengan normal , masyarakat betul-betul dapat merasakan besarnya manfaat jalan ini. Kedua, agar masyarakat dapat menjaga kekompakan dan kebersamaan , yaitu selalu menumbuhkan dan memelihara sifat gotong royong, karena tanpa gotong royong yang baik, sulit bagi kita untuk meningkatkan pembangunan didusun kita ini",  kata bang Yose.


Masih menurut bang Yos, masyarakat dihimbau untuk tetap mengikuti protokol kesehatan , memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Selain itu juga harus menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan.
Terkait dengan covid 19, selain berdampak masalah kesehatan juga berdampak masalah ekonomi, dimana petani, peternak, pedagang keliling dan angkringan rata-rata pada tiarap, maka kami berharap terus jaga semangat dan tetap jalankan usaha dengan tabah.

Masih ditambahkan lagi oleh Bang Yose, bahwa program corblok jalan seperti ini juga dilaksanakan di beberapa titik wilayah kabupaten Bantul, antara lain di Sidomulyo, di Jetis, di Dlingo dan di Piyungan.

Pada kesempatan yang sama, Bekti Hastuti, selaku Kadus Kraton sekaligus sebagai petugas pengawas lapangan yang ditunjuk oleh Lurah Kelurahan  Mulyodadi , mengucapkan terimakasih kepada Disnakertrans dan DPRD DIY, khususnya kepada bang Yose dengan harapan semoga program padat karya ini dapat memberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat di dusun Nglarang.

Sedangkan menurut Yatijo , selaku ketua pelaksana, program padat karya ini mengerjakan corblok jalan panjang 209 m, lebar 3,5 m tinggi 10 cm dengan Spec 1,3,4 total anggaran 145 juta, melibatkan 52 masyarakat pekerja yang terdiri  2 orang ketua kelompok, 10 tukang dan 40 pekerja, dilaksanakan selama 18 hari kerja, dengan pengganti lelah sebesar Rp 90 ribu untuk ketua kelompok, Rp 80 ribu untuk tukang, dan Rp 70 ribu untuk pekerja.

Launching berjalan tertib, aman, dengan protokol kesehatan.

Reporter : Gie Rahardjo / Tug
Editor      : Mas Pay.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"