Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Jumat, 27 November 2020

Kisah Sopir Truk Hingga Jadi Seniman Otodidak


Bantul, SNN.com - Kisah seorang lulusan SD yang melanjutkan pendidikanya di paket C, warga Wonolelo, Pleret,  Bantul ini telah menekuni hoby nya yang awalnya seorang sopir truk namun kinii dia menjadi seorang seniman mc manten hingga menciptakan lagu karya sendiri. 

Nama yang tak asing lagi Totok conthong (39) yangg nempunyai nama asli Endar Iswanto, berbekal hoby nya menjadi seorang seniman nama Totok Conthong sudah tidak asing lagi. menjadi seniman sobo tarup atau seniman penghibur manten, sering kita jumpai.

Saat di temui awak media Jumat 27/11/2020 di rumahnya yang sangat sederhana  di selah selah kesibukanya dia berkarya membuat lagu di rumahnya yang sangat sederhana di Wonolelo, Pleret ,Bantul totok conthong  dengan semangat berkarya dan menunjukan karya - karya dalam menciptakan lagunya yang sudah di aploud di you tube TOTOK CONTHONG#SOBO TARUB, lagu - lagu tersebut mengangkat tempat wisata Gunung kidul dan Bantul.

Saat di wawancari siapa yang mendanai dalam menciptakan karyanya beliau menjawab, bahwa sama sekali gak ada yang mendanai atau yang memproduseri, walau canel youtubenya belukm banyak yang lihat atau dengar lagunya, namun sudah 32 lagu karyanya sendiri.

Namun yang di aploud video di youtubenya baru 5 lagu, tekad dan prinsipnya seniman tak harus tenar karna di balik karya karyanya ada kembanggan tersendiri di kehidupanya, selain karya - karyanya sebagai koleksi pribadi namun totok conthong juga sering dapat pesanan lagu untuk para kandidat saat musim pilkada.

Selain menciptakan lagu Totok Conthong juga sering dapat job mc manten dan mengisi hiburan campur sari klub nya sendiri yang nama organisasinya yang bernama cs Madu Asmoro.

 Namun ketika sepi job seperti masa pendemi kemarin totok conthong pun juga kerja sampingan sebagai sopir truk, untuk menghidupi keluarga dan kedua anaknya yg hidupnya sangat sederhana.

Namun setelah 7 bulan tidak ada job dia hanya bisa berdoa dan berharap semoga covid 19 cepat berlalu dan pemerintah segera memberikan peluang untuk para seniman semua agar bisa ngejob normal lagi dan tetap mengajak para semua seniman untuk tetap semangat dan terus belajar agar di balik pandemi ini bisa meningkatkan pengalamanya untuk kedepanya.

Reporter : Endar.
Editor      : Mas Pay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"