Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Sabtu, 28 November 2020

Kondisi Puskesmas Muara Ancalong Memprihatinkan, Masyarakat: Bupati Kutim Diminta Segera Mengambil Sikap


Kutai Timur, SNN.com - Pasca diresmikannya Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Muara Ancalong kecamatan Muara Ancalong kabupaten Kutai Timur (Kutim) oleh bupati Kutim Ismunandar pada 6 Maret 2020 lalu kini mulai beroperasi sejak 18 November 2020.

Kepala Upt puskesmas Muara Ancalong Dr Habibi mengatakan, saat ini banyaknya pasien yang sakit sehinga dipandang perlu puskesmas yang baru bisa digunakan, mengingat puskesmas lama sudah tidak bisa lagi di pungsikan dan juga tidak memenuhi standar kesehatan. Hal ini disampaikan kepala Puskesmas kepada wartawan SNN (28/11/2020).

"Meski Puskesmas yang baru telah kita fungsikan namun akses jalan menuju Puskesmas belum memadai dan masih belum layak digunakan oleh masyarakat setempat,"jelas Dr Habibi.

"Pasalnya, untuk penerangan PLN menuju Puskesmas yang baru belum tersedia, terutama tidak adanya tiang lampu. Meski demikian, tiang lampu PLN yang ada saat ini hanya terbuat dari kayu ulin dan itupun atas inisiatif warga setempat sehingga puskesmas yang baru bisa dialiri penerangan, "terangnya.


Sementara, Camat kecamatan Muara Ancalong Sabran S.Sos saat di hubungi media ini belum dapat memberikan tanggapan terkait kondisi puskesmas tersebut.

Masyarakat Muara Ancalong dan sekitarnya mengeluhkan akses jalan menuju puskesmas yang baru kalau malam hari dalam keadaan gelap gulita sehingga membuat suasananya sangat mengerikan hingga warga takut.

Mengenai jalan menuju puskesmas juga sangat becek apalagi saat hari hujan semakin parah kondisinya. 


Keluhan ini juga di sampaikan beberapa tenaga medis.

"Saat kami bertugas pada malam hari menuju puskesmas merasa takut kalau ada ular di jalan, ditambah keluarga pasien juga takut dengan ular,"ungkap tenaga medis.

Dalam pantauan media ini, sejumlah warga meminta kepada pemerintah kecamatan Muara Ancalong dan pemerintah daerah Kutai Timur agar segera mengambil sikap dan peduli dengan kondisi puskesmas tersebut. Mengingat puskesmas ini sangat dibutuhkan oleh semua pihak terutama pasien untuk mendapatkan perawatan.

Reporter : Sapni A
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"