Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Senin, 30 November 2020

DIPA DAN TKDD Tahun 2021 Di Terima Bupati Tuban


Tuban, SNN.com - Bupati Tuban, H. Fathul Huda menerima Alokasi Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran ( DIPA ) dan Buku Transfer ke Daerah dan Dana Desa ( TKDD ) untuk Pemerintah Kabupaten Tuban tahun 2021.

DIPA dan TKDD tersebut di serahkan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa di Grand City Convex Surabaya, Senin ( 30/11/2020 ) yang di rangkaikan dengan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah ( Pilkada ) serentak tahun 2020 Guna Mengantisipasi Kluster Baru Covid -19 di Provinsi Jawa Timur.

Untuk tahun 2021 Kabupaten Tuban menerima DIPA Kementerian/Lembaga sebesar Rp.303.284.195.000 dan TKDD sebesar Rp.1.682.139.482.000.

Selepas menerima DIPA dan TKDD, Bupati mengatakan, akan segera meminta semua OPD di lingkup Pemkab Tuban untuk dapat memaksimalkan penggunaan anggaran demi pembangunan dan pemulihan ekonomi di tengah Pendemi Covid -19 yang masih ada saat ini.

" Adapun kebijakan dan program yang akan dilaksanakan Pemkab Tuban tentu juga di selaraskan dengan program kebijakan dari Pemerintah Pusat dan Provinsi Jatim. Mulai awal tahun di harapkan semua program kegiatan sudah bisa dilaksanakan dengan optimal," tutur Bupati Huda.

Sementara itu, Gubernur Jatim dalam sambutannya mengatakan bahwa sesuai arahan Presiden Jokowi, ada empat fokus APBN tahun anggaran 2021. Pertama, bidang kesehatan, untuk vaksin, sarpras kesehatan, lab dan penelitian. Kedua, perlindungan sosial bagi kelompok miskin dan rentan.


Untuk yang ketiga, pemulihan ekonomi Nasional untuk dukungan UMKM dan dunia usaha, keempat, reformasi struktural, yaitu di bidang kesehatan, pendidikan dan perlindungan sosial yang akan segera di belanjakan dan di manfaatkan dan yang sudah di transfer oleh Pemerintah Pusat.

" Vaksinasi dilakukan, pemulihan kesehatan dan perekonomian dilaksanakan, bantuan sosial segera di salurkan kepada masyarakat penerima, sehingga perekonomian bergerak dan bisa tercipta lapangan kerja sebanyak - banyaknya," tutur Gubernur  yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PP Muslimat NU ini.

Pada kesempatan ini Gubernur Khofifah juga berpesan, agar semua Bupati dan Walikota  segera bergerak cepat untuk melaksanakan dan membelanjakan setelah DIPA dan TKDD di terima.

" Setelah DIPA dan TKDD di serahkan, Kepala Daerah harus segera memanfaatkan dan harus segera membelanjakan untuk dapat menggerakkan ekonomi kita," pintanya.

Sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo juga, di instruksikan agar Pemerintah Daerah mengedepankan prinsip Reformasi Anggaran, yaitu cermat, efektif dan efesien.

" Tugas utama kita adalah membantu masyarakat, setiap rupiah uang rakyat harus di belanjakan untuk kepentingan rakyat," jelasnya.

Untuk di ketahui DIPA sendiri adalah dokumen pelaksanaan anggaran yang di susun berdasarkan Keputusan Presiden mengenai rincian anggaran belanja Pemerintah Pusat.

DIPA berfungsi sebagai dasar pelaksanaan anggaran setelah mendapat pengesahan dari Menteri Keuangan.

Sementara TKDD, adalah dana alokasi transfer dari Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah, untuk Jatim di serahkan kepada 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur termasuk Kabupaten Tuban.

Nampak hadir pada kesempatan ini, Kapolres Tuban, AKBP. Ruruh Wicaksono, S.I.K., S.H., M.H. ; Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf. Villiala Romadhon, SE.M.IPol serta Komisioner KPU dan Bawaslu Tuban.

Reporter : Agus
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"