Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Senin, 30 November 2020

Kemampuan Menembak Anggota Kodim 0732/Sleman Kembali Diasah


Kulon Progo, SNN.com - Menembak menjadi satu kemampuan yang wajib dikuasai oleh setiap prajurit.Untuk mampu menguasai kemampuan ini tentunya dibutuhkan latihan yang dilakukan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut.

Terkait dengan hal tersebut Kodim 0732/Sleman melalui program yang sudah ditentukan dalam kalender latihan, kembali menggelar latihan menembak senjata ringan atau Latbakjatri Triwulan IV Tahun Anggaran 2020.

Latihan bertempat di Lapangan Tembak Sentolo Kulonprogo Senin 30 November 2020. Meskipun dalam situasi Pandemi COVID-19 latihan menembak tetap dilaksanakan dengan menerapkan Protokol Kesehatan atau Prokes COVID-19.


Seizin Komandan kodim 0732/Sleman Letkol Inf Arief Wicaksana S.H.,M.,Han dalam kesempatan tersebut. Komandan Latihan (Danlat) Kapten Inf Suparyono yang juga sebagai Perwira seksi Oprasi Kodim Sleman (Pasi Ops) mengatakan, bahwa  kegiatan menembak ini harus dilaksanakan dengan serius jangan main-main.

"Biarpun kita sudah sering melaksanakan kegiatan latihan menembak namun tingkat kewaspadaan kita harus tetap dijaga, laras selalu diarahkan ke depan maupun ke tempat yang aman dan tetap terapkan protokol kesehatan dalam situasi Pendemi COVID-19 sekarang ini", sebut Kapten Suparyono.

Sebelum Latbakjatri dimulai, para peserta kembali diingatkan dengan pelajaran teori dasar menembak senapan laras panjang jenis SSI V1 dan Pistol yang disampaikan oleh Koordinator Materi Kapten Inf Sukarno yang juga menjabat Danramil 14/Minggir.

Hal ini dilakukan untuk menyegarkan kembali hal mendasar dari teknik menembak yang benar. Dengan adanya pemahaman yang baik tentang ilmu dasar menembak, diantaranya sinkronisasi dari pengaturan nafas, teknik bidik yang benar, teknik menekan picu dan pegangan teguh.

"Dengan pemahaman dasar ini, diharapkan para Prajurit akan mampu mengaplikasikannya dalam latihan, sehingga sasaran ataupun tujuan latihan dapat dicapai sesuai yang diharapkan satuan, "pungkas Danlat Kapten Inf Suparyono."

Reporter : Asih
Editor      : Mas Pay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"