Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Kamis, 01 Agustus 2019

Babat BANGKITS, Slogan Baru Kecamatan Babat

Camat Babat di acara Bursa Inovasi Desa 2019
Lamongan, SNN.com - Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan yang terkenal dengan sebutan kota wingko dan juga kota perdagangan terbesar di Kabupaten Lamongan melakukan terobosan dengan semboyan Babat BANGKITS.

Babat BANGKITS (Bersih, Aman, Nyaman, Giat, kondusif, Indah, Tertib, Segaaaaar) akan di sosialisasikan di seluruh desa se kecamatan babat, agar kecamatan Babat bebas Banjir, serangan Hama wereng, Indah pemandangan dan segar dipandang mata.

Menurut camat Babat Ir. Mulkan, MM saat di temui di sela sela acara bursa inovasi desa di Cluster 6 (Babat, Sekaran, Pucuk) mengatakan, Kecamatan babat akan melakukan terobosan baru dengan slogan Babat BANGKITS, agar masyarakat selalu sejahtera dan bahagia.

"Untuk menangkal hama wereng di Babat punya inovasi baru, semua desa wajib membuat bekupon burung hantu karena nanti kalau sudah punya semua satu unit untuk 20 hektar, kalau tanah Babat 1.500 berati dibagi 20 hektar jadi kurang lebih ada 700an. Bekupon itu untuk menghalau tikus, kalau tikus tidak ada petani akan luar biasa makmur dan bahagia, "ungkapnya.

Camat Babat yang murah senyum itu menambahkan, ada lagi inovasi kita yaitu menanam tanaman hias berbunga Refugia diseluruh Babat. Tanaman bunga-bunga tersebut ternyata mampu mendatangkan predator alami hama, salah satunya adalah hama wereng. kita semua sudah anggarkan 5 sampai 10 juta untuk satu desa.

"di kecamatan Babat ada 21 desa dan 2 kelurahan, jadi nanti ada bekupon burung hantu, refugia bunga-bungaan untuk penghalau hama wereng, penanaman tanaman buah-buahan dan seluruh desa wajib menanam. Kalau di Malang ada petik apel, petik jeruk, nanti kita di Babat ada petik buah mangga, petik duren dan sebagainya,"terangnya.

Dikatakan, Program lainnya adalah membuat resapan air di dataran tinggi, membuat danau danau kecil sehingga air hujan akan ditampung didalam tanah sehingga dataran rendah di kecamatan babat akan bebas dari banjir.
 
"harapannya nanti disaat musim kemarau area pesawahan tidak kekurangan air dan petani bisa menikmati hasil panen yang lebih bagus dari tahun tahun sebelumnya dan disaat musim hujan air bisa langsung masuk kedanau yang sudah dipersiapkan "pungkasnya

Diakhir pembicaraan Ir. Mulkan berpesan agar Pemerintahan Desa se kecamatan Babat segera mensosialisasikan slogan baru Babat BANGKITS kepada masyarakat di desa.

Reporter : Ida D.R
Editor   : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"