Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Jumat, 02 Agustus 2019

Penyuluhan Pembuatan Selai Wortel Sebagai Program Peningkatan Kewirausahaan Bagi Warga Desa Tanggung

Malang, SNN.com - Kuliah kerja nyata (KKN) yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Malang semester genap tahun 2019/2020 terbagi atas beberapa kelompok. Salah satunya kelompok 25 yang lokasi KKN berada di desa Tanggung, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang.

Salah satu program unggulan dari KKN kelompok 25 ini adalah program kerja penyuluhan pembuatan selai wortel yang diselenggarakan oleh divisi kewirausahaan dan ekonomi.

Ketua pelaksana penyuluhan Masyrurotul Muawwanah mengatakan, progam ini sangat berprospek untuk kewirausahaan yang dapat menunjang perekonomian warga sekitar, selainya dapat dijual dengan kemasan menarik, maupun sebagai isian bolu basah.

”Proker ini masih akan berkaitan dengan proker berikutnya yang akan memberitahu peluang penjualan online bagi calon wirausahawan yang tidak tahu kemana harus menjual produknya,"tambahnya

Rotul menambahkan, Penyuluhan pembuatan selai wortel ini dilaksanakan pada tanggal 31 Juli 2019 bertempat di Gor Desa Tanggung. Acara penyuluhan pembuatan selai ini diikuti oleh perwakilan ibu-ibu PKK dari setiap RW yang ada di Desa Tanggung.

"dengan adanya penyuluhan pembuatan selai wortel ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan ibu-ibu dalam mengolah sayuran untuk menunjang kesukaan anak terhadap sayur wortel, seperti yang kita ketahui wortel mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, "ungkapnya.
,

Oleh karena itu sayuran dapat diolah menjadi selai yang disenangi oleh semua kalangan. Selain itu penyuluhan pembuatan selai dapat dijadikan langkah baru bagi warga desa Tanggung apabila ingin membuka UMKM baru dibidang pembuatan selai. Sehingga dapat meningkatkan tingkat perekonomian warga desa Tanggung.

Penyuluhan pembuatan selai ini berlangsung meriah dengan antusiasme ibu-ibu PKK
yang ingin mengetahui lebih bagaimana komposisi yang tepat untuk menghasilkan selai kualitas terbaik. Para ibu-ibu PKK sangat puas dengan diadakannya penyuluhan ini.

Komentar dari salah satu ibu PKK Tutik yang mengatakan, penyuluhan selai ini sangat bermanfaat bagi kita, setelah pulang dari penyuluhan ini saya akan membuat sendiri di rumah dari berbagai macam buah dan sayur.

Acara ini dimeriahkan oleh penampilan akustik dari mahasiswa KKN kelompok 25. Dan saat berlangsung pembuatan selai ibu-ibu berjoget dengan lihai yang diiringi lagu-lagu dangdut.

Team divisi kewirausahaan dan ekonomi kelompok 25
1. Masyrurotul Muawwanah
2. Diaz Pratiwi Dewantara
3. Juvico Akbar Karuniawan
4. Doni Juliyanto

Reporter : Juvico A. K
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"