Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Kamis, 22 Agustus 2019

Lanal Aru Serahkan Korban ABK Mina Sejati ke Polisi

Kepulauan Aru, SSN.com - Komandan Lanal Aru Letkol Laut (P) Sahatro Silaban, M.Tr (Hanla) menyerahkan 11 ABK dan 2 Jenazah korban bemberontakan di atas KM Mina Sejati ke pihak kepolisian Resort Kepulauan Aru, Kamis (22/8).

Acara Penyerahan dihadiri oleh Komandan KRI Teluk Lada-521 Letkol Laut (P) Gunawan, Wakil Bupati Aru, Muin Sogalrey, Wakapolres Kepulauan Aru, Kompol Asmar Sena,
Kepala dinas sosial  Aru, M. Lukman Nomay, Kajari Kepulauan Aru, Andi Panca Sakti, Plt Direktur Pengawasan dan Pengelolaan Sumber Daya Perikanan, Ditjen PSDKP KKP,
Pung Nugroho Saksono, Plt.direktur pengawasan dan pengelolaan perikanan Ditjen PSDKP KKP, Salman Mokoginta, Kepala pangkalan PSDKP Tual, Harlim, Kepala Stasiun PSDKP Ambon dan para Wartawan.

Sebelum penyerahan para korban ABK Mina Sejati, Danlanal Aru Letkol Laut (P) Sahatro Silaban, M.Tr (Hanla) menggelar acara jumpa pers.

Dalam keterangannya persnya, Silaban menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu TNI AL sehingga 11 ABK dan 2 Jenazah korban KM Mina Sejati sudah bisa dievakuasi oleh TNI AL dan kini akan diserahkan ke pihak kepolisian.

Lanjut kata Silaban, supaya jangan simpan siur untuk teman-teman media, perlu saya jelaskan bahwa TNI AL setelah menerima informasi terjadi pembajakan atau pemberontakan di atas KM Mina Sejati yang mengakibatkan orang meninggal, dan ada yang menceburkan diri ke laut maka ditindak lanjuti dalam hal ini Koarmada III mengerahkan KRI Teluk Lada - 521 untuk menuju TKP.

Dijelaskan, Setelah tiba disana, KRI Teluk Lada langsung menurunkan Tim pemeriksa untuk melakukan pemeriksaan di atas KM Mina Sejati Lada hingga menduduki kapal tersebut.

Dari hasil pemeriksaan di lapangan, tidak ditemukan satupun ABK termasuk pelaku dan 5 korban yang meninggal di atas kapal tersebut. Hanya ditemukan bercakan darah di haluan kapal.


Kemudian KRI lanjut mengevakuasi 11 ABK Mina Sejati yang di selamatkan oleh KM Gemilang bersama dua ABK yang sudah meninggal

Saat evakwasi, cuaca buruk sehingga yang dapat dievakuasi oleh KRI Teluk Lada hanya 8 ABK saja. 3 ABK lainya termasuk 2 jenazah ditinggal di KM Gemilang Samudra dan baru tiba esok harinya.

8 ABK KM Mina Sejati yang tiba dengan KRI Teluk Lada langsung diserahkan ke pihak Lanal Aru. Sisanya 3 orang tiba pada lusa dini hari dan langsung di serahkan juga ke Lanal Aru.

Sementara jenaza 2 korban baru tadi pagi diturunkan dari KM Gemilang Samudra dan sudah diserahkan ke RSUD Cenderawasih Dobo untuk diotopsi.

Dan hari ini kita akan menyerahkan seluruh 11 ABK KM Mina Sejati yang selamat termasuk 2 Jenazah kepada pihak kepolisian karena dari keterangan ABK yang selamat termasuk ada yang terluka, ini tindakan kriminal murni.

Untuk diketahui, menurut keterangan Komandan KRI Teluk Lada-521 Letkol Laut (P) Gunawan Hutauruk hasil pemeriksaan di lapangan, kondisi KM Mina Sejati tergenang air 75% dan nyaris tenggelam.

Kemudian dalam pemeriksaan di lapangan, palka kapal dalam keadaan terkunci, dan tidak ditemukan ABK, pelaku dan jenazah korban di atas KM Mina Sejati.

Reporter : Nus Yerusa
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"