Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Sabtu, 10 Agustus 2019

DLH Kabupaten Kepulauan Aru Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Kepulauan Aru, SNN.com - Dengan tema "Biru Langitku, Hijau Bumiku" Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Aru Merayakan Hari Ulang Tahun Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juni 2019. Kegiatan berlangsung dilapangan Yos Sudarso Dobo, (Jumat 9 Agst 2019).

Kegiatan dihadiri Bupati Aru dr Johan Gonga, Wakil Bupati, Muin Sogalrey, SE.  Sekda Drs. Moh Jumpa, M.Si. Kepala Seksi Bidang Pengolahan Sampah dan Limbah Provinsi Maluku, Jems Ayal, Kadis Lingkungan Hidup Kab.Kep. Aru. F Gaite. Forkopinda serta sejumlah OPD Kabupaten Kepulauan Aru.

Bupati Johan Gonga, yang berkenan membacakan sambutan Menteri  Lingkungan Hidup dan Kehutanan, RI, sebelumnya Gonga berharap bahwa, dalam memperingati HUT Lingkungan Hidup Sedunia, masyarakat Kabupaten Kepulauan Aru perlu menciptakan Lingkungan yang bersih serta menghindari tindakan pembuangan sampah secara sembarangan.

Dikatakan, yang terpenting  adalah bagaimana cara pemerintah dan masyarakat dapat menangani sampah-sampah yang ada di kota Dobo. Bupati juga berharap agar Dinas Pendidikan dapat membuat Peraturan Bupati tentang Jumat Bersih dan Sabtu bersih bagi lingkungan yang rawan sampah.

Selain itu Dinas pendidikan diharapkan memberikan Sosialisasi bagi anak-anak sekolah untuk tidak boleh membuang sampah secara sembarangan, karena menurut Gonga, sampah yang terbuang dijalan-jalan, itu disebabkan oleh anak-anak sekolah. Yang terpenting adalah bagaimana cara penanganan sampah-sampah di kota Dobo, karena banyak sampah dijalan-jalan itu sebabnya dari anak-anak sekolah. 

Untuk itu bagi Dinas Pendidikan Kab. Kep. Aru, diharapkan dapat membuat peraturan Bupati untuk Jumat bersih dan Sabtu bersih bagi lingkungan yang rawan sampah di Kab. Kep. Aru.


Acara Peringatan Lingkungan Hidup, disi dengan Juara Satu Lomba Pidato dalam Bahasa Inggris oleh Siswa SMA Yos  Sudarso Dobo, Elkata Atua, dengan Judul  “Peranan Generasi Muda dalam Memerangi Sampah Plastik”.

Acara selanjutnya, dilakukan penyerahan Tropi atau Penghargaan Adiwiyata Mandiri, kepada Sejumlah Sekolah di Kabupaten Kepulauan Aru, diantaranya adalah Untuk Tingkat SD, Juara I, SD Kristen Durjela, Juara II, SD Negeri 6 Dobo, Juara III, SD. N. Impres Rabiajala Dobo. Tingkat SMP, Juara I SMP Yos Sudarso Dobo, Juara II, MTS Basuki Rahmat Dobo, dan Juara III, SLTP Negeri 4 Marlase.

Untuk tingkat SMA, juara I, SMK PGRI Dobo, Juara II, SMA Kristen Dobo, juara III, SMK Jeljakaka, Dobo. Hadia yang diserahkan berupa Piala penghargaan serta sejumlah uang pembinaan.

Acara diakhiri dengan penyerahan bibit tanaman kepada sejumlah pemerhati lingkungan Hidup serta penanman Pohon disekitar Stadion Mini Yos Sudarso Dobo. Dengan semangat Penanaman Pohon dilakukan Bupati Aru, Johan Gonga kendati kondisi cuaca Kab. Kep. Aru sempat turun hujan.

Reporter : Moses K
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"