Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Jumat, 23 Agustus 2019

Diduga 23 ABK Mina Sejati Tewas Dan Hilang Di Laut

Kepulauan Aru, SSN.com - 23 ABK KM Mina Sejati, yang terlibat dalam insiden pembantaian di atas kapal tersebut kini belum juga diketahui keberadaannya. termasuk 3 pelaku dan 5 orang ABK yang dilaporkan meninggal dunia pada Jumat (16/82019)

“TNI AL menduga, 23 ABK termasuk 3 pelaku pembantaian telah tewas dalam insiden berdarah itu dan hilang di laut” ungkap Kapten KRI Teluk Lada-521 Letkol Laut Gunawan Hutahuruk dalam acara jumpa Pers di Makotis Lanal Aru, Kamis (22/8).

Dugaan ini sangat mendasar karena, KRI Teluk Lada - 521 tiba di lokasi KM Mina Sejati pada hari Minggu (18/8) sekitar pukul 18.00 WIT dan langsung menurunkan Tim negosiasi menggunakan sekoci ke kapal tersebut guna memberikan imbauan agar pelaku menyerahkan diri dan membebaskan sandera. Namun, tidak ada tanggapan balik.

Pada Senin (19/8) pukul 06.00 WIT Tim pengintai diturunkan, tetapi tidak tampak ada aktivitas di atas KM Mina Sejati. Kemudian esok harinya, pukul 08.00 WIT kami menurunkan kembali Tim tindak guna penggeledahan kapal.


“Penggeledahan dilakukan mulai pukul 09.00 WIT hingga pukul 13.00 WIT tetapi Tim kami tidak menemukan tiga pelaku, para ABK yang disandera, ataupun 5 jenazah ABK lainnya yang dilaporkan telah meninggal dunia.” ungkapnya.

Senada, Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Aru, Letkol Laut Suharto Silaban juga mengakui bahwa dari hasil pemeriksaan maupun penggeledahan TIM pemeriksa KRI -521 milik TNI AL di atas KM Mina Sejati tidak ditemukan satu ABK di sana.

Berdasarkan hasil pemeriksaan maupun penggeledaan itu maka, kami menduga 23 ABK KM Mina Sejati telah tewas dan hilang di Iaut.

Reporter : Nus Yerusa
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"