Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Kamis, 29 Agustus 2019

Seni Budaya Memeriahkan Bersih Dusun Temuwuh Dlingo Bantul

Bantul, SNN.com - Seluruh Warga Masyarakat sangat Antusias mengikuti Acara Adat tradisi Jawa Merti Dusun yang digelar di Temuwuh, Dlingo, Bantul dan dari masing-masing Dusun menampilkan adat Budaya yang berbeda- beda, Rabu (28/08/2019).

Acara merti Dusun atau yang biasa masyarakat menyebut dengan nama Rasulan ini di laksanakan setiap satu tahun sekali, seperti yang berlangsung di Temuwuh, Dlingo Bantul. Masyarakat turut memeriahkan acara dengan menampilkan beberapa seni tradisional di antaranya: Seni Jatil, Tayub, Reog dan seni Budaya lainya.

Jatmiko, (40th) Warga Dusun Temuwuh Dlingo Bantul saat di temui di sela-sela berjalannya acara arak-arakan Menjelaskan, "arti dan maksud tujuan merti Dusun adalah saya dan seluruh Warga Masyarakat yang pertama, bersyukur kepada Allah yang maha esa, ke dua bersyukur dan mensyukuri hasil bumi yang sangat melimpah setiap tahunya, "Kata Jatmiko.


Jatmiko juga menambahkan bahwa Seluruh Warga Masyarakat melestarikan adat tradisi Jawa yang telah di laksanakan turun temurun dari nenek moyang kita dahulu. Maka
Seluruh Warga Masyarakat dan juga sebagai generasi penerus adat tradisi budaya Jawa tetap kami Laksanakan. Merti Dusun setiap satu tahun sekali, karena salah satu wujud rasa syukur kepada Allah yang maha esa dan bersyukur dengan hasil bumi yang kami dapatnya disamping sebagai budaya adat, "pungkasnya.

Reporter : Rebianto
Editor      : Mas Pay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"