Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Jumat, 09 Agustus 2019

Pemdes Prayungan Bojonegoro Segera Buka Pujasera nDayohan

Bojonegoro, SNN.com - Pemanfaatan lahan atau TKD (Tanah Kas Desa) yang tidak produktif milik Desa Prayungan, Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegorro, Jawa Timur kini telah didirikan sebuah bangunan yakni Pujasera nDayohan.

Pembangunan yang belum finising pengerjaannya itu berada di lahan sekira 350 meter persegi, tepat di tepi jalan raya Prayungan - Surabaya atau barat SMPN 1 Sumberrejo. Di dekat area itu juga terdapat embung seluas 1 hektar yang rencananya akan di bangun gasebo -gasebo dan sarana pamacingan.

H. Imam Rofi'i, Kepala Desa Prayungan, Jum'at (09'8/2019) saat berada di lokasi  menyebutkan pembangunan Pujasera yang berada di blok ndayohan itu diberikan nama Pujasera nDayohan. Selain menyajikan berbagai macam jajanan dan kuliner lokal Bojonegoro.juga tersedia panggung seni untuk hiburan pengunjung yang bisa bersantai sembari lesehan.

"Kita juga akan menghiasi lokasi pujasera dengan tanaman hias yang menambah keasrian lokasi. Tanaman hias  itu pula milik warga desa setempat yang memiliki usaha tanaman. Sehingga bisa dijual jika ada pengunjung yang berminat," jelasnya.

Selain itu lanjut Kades Karang Taruna desa juga dilibatkan dalam usaha Pujasera. Di sampng itu, di sekitar lokasi Pujasera rencananya juga di tambah sarana bermain bagi anak-anak dan kolam ikan. Fasilitas lainnya juga tersedia mushola dan lokasi parkir yang luas.

Program Pemdes Prayungan sejalan dengan program.Bupati bojonegoro dengan membuka UMKM berbasis wisata dan agribis. Selanjutnya Pujasera akan di kelola BUMDes sebagai unit usahanya..

Harapan Pemerintah Desa Prayungan menurut Kades, dengan pembangunan Pujasera itu dapat membuka lapangan kerja baru bagi warga desa dengan menjual aneka jajanan, kuliner dan produk lokal lainnya. Apalagi di lokasi sudah tersedia 5 stand dan sudah terjual. Penyewa stand pun juga di utamakan warga Desa Prayungan.

Selain itu, ke depannya diharapkan pujasera nDayohan menjadi alternatif bagi warga masyarakat yang ingin berwisata kuliner dan sekaligus sebagai rest area bagi masyarakat yang sedang dalam perjalanan

"Dengan begitu akan meningkatkan kesejahteraan warga desa untuk peningkatan pendapatan," imbuhnya.

Reporter : Nastain
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"