Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Jumat, 23 Agustus 2019

KSB Tuban Gelar Rebutan Buceng, Berkah Bagi Warga Sekitar Klenteng

Tuban, SNN.com - Merupakan kegiatan rutin bagi Umat Tempat Ibadah Tri Dharma ( TITD ) Klenteng Kwan Sing Bio ( KSB ) Tuban  untuk menggelar ritual Rebutan Buceng yang merupakan wujud sedekah bumi bagi umat yang di awali sembahyang kepada leluhur mereka yang tidak terawat dan tidak diurus keluarganya.

Tradisi yang sudah ada 1000 tahun yang lalu itu merupakan tradisi yang di percaya oleh Umat Tri Dharma ( Khonghucu,Tao dan Budha), namun tradisi ini sempat fakum saat masa kekuasaan orde baru yang melarang tradisi ini di gelar, dan oleh Umat Tri Dharma ( Khonghucu,Tao dan Budha ) tradisi ini dilakukan setiap Tahun baru Imlek pada bulan ke tujuh, sedangkan di Tuban sendiri sudah hampir 297 tahun yang lalu selalu dilaksanakan, meskipun kadang fakum tidak dilaksanakan.

Di tempatkan di halaman Klenteng yang terletak di Jl.RE.Martadinata itu Ritual Rebutan Buceng itu menurut Ketua Demisioner Klenteng Kwan Sing Bio Tuban Gunawan Putra Wirawan pada Wartawan SNN.com. adalah karena,” Banyak keluarga yang tidak mengurus leluhurnya, kita mendoakan bersama agar para leluhur tenang di sana dan masuk di tempat yang lebih baik, makna dari nasi buceng sendiri adalah merupakan adat di Indonesia kalau selametan pasti ada nasi bucengnya, dan hari ini yang di perebutkan sebanyak 1.500 nasi buceng yang merupakan bantuan umat, di samping itu juga di bagikan 2 ton beras yang di kemas dalam 400 bungkus berisi masing - masing 5 kilogram beras.” jelas Gunawan.

Warnadi , Penjual es tong - tong keliling, mengungkapkan kegembiraannya dalam menyambut tradisi yang sudah turun temurun itu, ” Wah, saya paling senang menunggu momen seperti ini, karena di samping saya dapat buceng buat makan siang dan malam nanti, sayapun dapat beras 5 kilogram mas, tadi juga di kasih oleh orang yang di dalam lagi sembahyang uang sebesar Rp 200 ribu, Alhamdulillah, Tuhan memberiku rezeki melimpah hari ini.” ungkap Warnadi sambil menunjukkan uang kertas nominal Rp. 100 ribuan.

Reporter : Agus
Editor      : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"