Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA

Sabtu, 31 Agustus 2019

Hari Lansia Nasional Tahun 2019 Di Peringati Pemerintah Kabupaten Tuban

Tuban, SNN.com - Pemerintah Kabupaten Tuban memperingati Hari Lanjut Usia Nasional Tahun 2019 di GOR Rangga Jaya Anoraga Kabupaten Tuban, Sabtu ( 31/08/2019 ). Acara di hadiri oleh Wakil bupati Tuban, Asisten Pemerintahan Sekda dan sejumlah kepala OPD serta pengurus komda lansia Kabupaten Tuban.

Pada kesempatan ini dilaksanakan senam kebugaran bersama dan pemeriksaan kesehatan gratis oleh Dinas kesehatan Kabupaten Tuban yang di peruntukkan kepada para Lansia yang mengikuti kegiatan pagi hari ni. Selain itu di serahkan pula bantuan sembako untuk para lansia yang kurang mampu sebagai tanda perhatian dan kasih sayang terhadap sesama.

Dalam sambutannya, Wabup Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si., menyampaikan bahwa hal terpenting dalam melayani orang lanjut usia adalah dengan menjaga kesehatan. tepat sekali pada peringatan hari lansia ini di awali dengan senam dan di fasilitasi dengan pelayanan periksa kesehatan gratis, "paparnya.

Lebih lanjut, Wabup yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Komda Lansia Kabupaten Tuban ini menjelaskan bahwa Lansia Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial ( PMKS ) ditangani oleh Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ( Dinsos P3A ) sebagai wujud perhatian, kepedulian Pemerintah kepada lansia yang kurang mampu. saya harap Dinsos dalam program PKH dapat memperluas cakupan wilayah perhatian kepada lansia PMKS agar para lansia yang kurang beruntung dapat terjamin kelangsungan hidupnya, "pintanya.


Dalam bidang kesehatan, Wabup dua periode ini menginstruksikan agar BPJS kesehatan yang di tanggung oleh Pemerintah Daerah dapat mengcover para lansia. karena yang lanjut usia ini sangat rentan kondisi kesehatannya, "terangnya.

Sementara itu, dalam laporannya, Drs. H. Nasiran menjelaskan Hari Lansia di peringati karena intruksi dari PBB yang mengharuskan setiap Negara mempunyai hari khusus untuk manula. oleh karena itu Indonesia mendaftarkan satu hari khusus lansia diperingati pada tanggal 29 Mei yang di mulai pada tahun 1996, "paparnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil bupati Tuban mencoba melakukan pemeriksaan kesehatan yang telah disediakan dan menyaksikan lomba senam yang di ikuti oleh sejumlah kelompok senam lanjut usia di Kabupaten Tuban.

Reporter : Agus
Editor      : A W I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"