Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Selasa, 07 April 2020

Pemerintah Desa Kalitengah Punya Ruang Isolasi Covid 19

Lamongan, SNN.com - Pemerintah desa Kalitengah Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan melakukan beberapa upaya dengan menerapkan protokol pencegahan. Di antaranya, membuat Posko Gugus Tugas Percepatan dan Ruang isolasi covid 19.

Sesuai surat edaran bupati, desa-desa sudah diharuskan membuat Posko relawan percepatan penanganan Covid-19 dan ruang isolasi.

Kepala Desa Kalitengah Fachlul huda mengatakan, upaya tersebut dilakukan untuk mengantisipasi persebaran Covid-19 di wilayahnya. Terlebih saat Kabupaten Lamongan masuk zona merah. Untuk itu, setiap kedatangan warga dari luar daerah, khususnya wilayah terkonfirmasi penularan Covid-19, akan didata.

"Selain itu, warga yang datang bakal diminta mengisi form identitas diri dan pernyataan untuk melaksanakan isolasi mandiri sementara waktu. Antisipasi lain yang dilakukan yakni menyiapkan ruang isolasi jika nantinya terdapat warga yang menunjukkan gejala Covid-19, "katanya, Selasa (7/4/2020).

”Langkah ini kami lakukan untuk memudahkan dan meringankan beban kerja petugas medis. Juga untuk menekan penyebaran Covid-19 di desa kami, "ujarnya.


Fahlul menambahkan, jika nantinya ada warga yang menunjukkan gejala Covid-19, pihaknya akan mengisolasinya di rumah isolasi mandiri desa. Rumah isolasi desa itu, menurut dia, diintegrasikan dengan puskesmas, polsek, dan koramil setempat.

"Untuk pencegahan dan penanganan di desa, katanya pihak desa tetap akan mengedepankan keselamatan relawan, "pungkasnya.

Reporter : Isnandar/Galeh
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"