Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Selasa, 07 April 2020

Kesiapsiagaan Penanganan Covid - 19 Terus Ditingkatkan Pemerintah Kabupaten Tuban

Tuban, SNN.com - Kepala Dinas Kesehatan ( Dinkes ) bersama Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika ( Diskominfo ) Kabupaten Tuban kembali melakukan peninjauan ke fasilitas kesehatan di Kabupaten Tuban, Selasa ( 04/07/2020 ).

Kali ini, fasilitas kesehatan yang di kunjungi adalah Klinik Surya Medika di jalan Babat - Tuban tepatnya di Desa Gesing, Semanding.

Kepala Dinkes Kabupaten Tuban, dr. Bambang Priyo Utomo menjelaskan kunjungan di maksudkan untuk memastikan ketersediaan sarana dan prasarana medis guna mengantisipasi peningkatan Covid-19 di Kabupaten Tuban. Langkah ini di ambil sebagai kesiapsiagaan Pemkab Tuban untuk menyediakan ruang perawatan bagi Pasien Dalam Pengawasan ( PDP ) Covid-19.

Lebih lanjut, Klinik Surya Medika di siapkan sebagai fasilitas kesehatan penunjang dari RSUD Koesma sebagai pusat rujukan dan Rumah Sakit penyangga yaitu RSUD Ali Manshur; RS NU Tuban; maupun RS Medika Mulia.“Jika rumah sakit yang di tunjuk sudah penuh, maka pasien akan di tempatkan di sini,” paparnya.


Bambang Priyo menjelaskan PDP terkategori ringan atau tanpa sesak nafas akan di rawat di Rumah Sakit penyangga maupun fasilitas kesehatan lain. Sedangkan, PDP terkategori berat atau dengan sesak nafas ( pneumonia ), akan langsung di rujuk ke RSUD Koesma Tuban.

Sementara itu, Pemilik Klinik Surya Medika, Suryo, menerangkan pihaknya telah menyiapkan 10 ruang yang bisa menampung 20 pasien. Kerja sama ini sebagai wujud kepedulian dan partisipasi Klinik Surya Medika untuk mencegah dan menangani penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tuban.“ Kami juga senantiasa berkoordinasi dengan Dinkes Tuban terkait langkah - langkah yang di perlukan,” jelasnya.

Penanggung jawab Kesehatan Klinik Surya Medika, dr. Bambang Harianto, MM., menambahkan sebanyak 8 tenaga medis di siagakan 24 jam untuk membantu Pemkab Tuban dan Dinkes Tuban. “Jika memang di perlukan tenaga tambahan, kami akan segera melapor ke Dinkes Tuban,” jelasnya.

Reporter : Agus
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"