Sorot Nuswantoro News

Berita Online dan cetak, "CEPAT, TEPAT, LUGAS DAN BERANI" dari LAMONGAN untuk NUSANTARA


Senin, 23 Maret 2020

Wakil Bupati TUBAN : Perlu Kesadaran Dan Kedisiplinan Tinggi, Ajak Masyarakat Cegah Covid - 19

Tuban, SNN.com - Wakil Bupati Tuban melakukan dialog interaktif membahas Antisipasi Pemkab Tuban Cegah Pandemi Covid-19, Senin ( 23/03/2020 ). Dialog yang di siarkan LPPL Pradya Suara Tuban juga menghadirkan Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tuban.

Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si., menyampaikan agar masyarakat tetap tenang, tidak panik namun tetap waspada dalam menghadapi Covid-19. Saat ini banyak berseliweran berita yang kurang tepat. Karenanya masyarakat harus cermat, bijak dalam bermedsos atau mencerna informasi yang di dapat.

“ Masyarakat harus mencari sumber berita yang valid, karena banyak berita hoax maupun disinformasi,” paparnya. Masyarakat juga di harapkan mematuhi intruksi dari Pemerintah, diantaranya menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat serta social distancing.

Social Distancing tersebut memerlukan partisipasi aktif, kesadaran dan kedisiplinan dari masyarakat. Karenanya, perlu di ambil pendekatan yang tepat agar masyarakat bisa memahami dan tidak salah paham.

Pemerintah Kabupaten Tuban telah melakukan sosialisasi hingga di tingkat RT/RW. Pemerintah Desa di harapkan berkoordinasi dengan Puskemas untuk dilakukan upaya persuasif dan pemantauan dengan lebih baik. Utamanya di wilayah yang memiliki Orang Dalam Pemantauan ( ODP ).

“ Sampai saat ini tercatat 17 ODP dan 1 Pasien Dalam Pengawasan ( PDP ). Semuanya di tangani Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban. Khusus PDP saat ini tengah di isolasi di RSUD dr. R. Koesma Tuban menunggu hasil laboratorium,” terangnya.

Wakil Bupati meminta Seluruh OPD terkait harus terus memberikan informasi tentang perkembangan dan pencegahan Covid-19. Aparatur Pemerintah Kabupaten Tuban juga harus memberi contoh dan memberi sosialisasi pencegahan Covid-19. Peran dari tokoh Agama dan tokoh masyarakat sangat di perlukan untuk mendukung upaya pencegahan tersebut.

Wakli Bupati juga memberi apresiasi terhadap insan medis yang menjadi garda terdepan dalam menangani Covid-19. Insan medis yang memberikan pelayanan terdepan harus di lengkapi dengan Alat Pelindung Diri ( APD ).

Menyikapi masih banyaknya warga yang masih di luar rumah, Wakil Bupati Tuban mengimbau agar warung kopi maupun tempat berkumpul yang lain untuk menyediakan tempat cuci tangan atau hand sanitizer. Terkait ini Satpol PP tidak dapat memberikan sanksi hukum bagi masyarakat yang masih berkegiatan di luar rumah karena di luar kewenangannya.

“ Penangangan Covid-19 memerlukan dukungan dari semua pihak, serta partisipasi dan kedisiplinan yang tinggi,” pinta Wakil Bupati.

Kepala Dinkes Tuban, dr. Bambang Priyo Utomo menambahkan RSUD dr. R. Koesma Tuban telah menyediakan sarana dan prasarana untuk menangani Covid-19. Telah di sediakan 6 ruang isolasi di mana tiap ruang dapat di tempati 2 orang. “ Saat ini juga akan di siapkan 2 ruang isolasi lagi,” terangnya. RSUD Ali Manshur  juga akan menyiapkan 2 ruang isolasi. Selain Rumah Sakit milik Pemerintah, Rumah Sakit swasta juga di minta untuk menyiagakan minimal 2 ruang isolasi.

Bambang mengingatkan agar masyarakat rutin mencuci tangan. Jika memang tidak ada hand sanitizer, maka dapat menggunakan sabun cuci tangan lainnya. Dengan rutin mencuci tangan, mampu menekan pencegahan dan membunuh Covid-19 hingga 80 persen.

Untuk di ketahui, Pemerintah Kabupaten Tuban bergerak cepat dalam menangani penyakit Covid-19. Menindak lanjuti Surat Edaran Gubernur Jawa Timur, maka Pemerintah Kabupaten Tuban segera membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 ( Covid-19 ).

Berdasarkan surat tersebut masyarakat di minta untuk tetap tenang dan tidak panik.
Di samping itu, harus menyikapinya dengan bijak dan bersabar, serta mentaati Surat Edaran Bupati terkait Kewaspadaan Covid-19.

Masyarakat dapat memperoleh informasi lebih lanjut di Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban Jl. Brawijaya no.3 Tuban atau menghubungi Call Center 119 ext 9 atau 082 167 119 119. Perkembangan informasi Covid-19 juga dapat di akses melalui covid19.tubankab.go.id .

Reporter : Agus
Editor     : Wafa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SOROT NUSWANTORO NEWS "dari LAMONGAN untuk NUSANTARA"